Presiden Orangutan Foundation International Dukung Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM

    PANGKALAN BUN – Prof Dr Birute Mary Galdikas, sangat mendukung digelarnya Pelatihan Peningkatan Kapasita Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai Entreprenuer Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), sebab pelatihan tersebut akan membantu perekonomian masyarakat di Kecamatan Kumai khususnya dan umunya di Kabupaten Kobar.

    “Oh yah, pelatihan itu bagus sekali saya sangat mendukungnya karena kedepannya akan membantu peningkatan kunjungan wisata ke TNTP sehingga dampaknya juga perekonomian masyarakat akan meningkat,” kata Birute Mary Galdikas usai menghadiri acara pelatihan yang sekaligus temu kangen dengan Bupati Hj Nurhidayah.

    Birute Mary Galdikas, Presiden Orangutan Foundation International (OFI) yang juga Ketua Yayasan Orangutan International Kalimantan (YOIK), yang sudah merintis merehabilitas Orangutan selama 47 tahun, dari tahun 1971 sampai sekarang 2018 perhatiannya terhadap kehidupan Orangutan nampak masih aktif ‘tak mengenal lelah’.

    “Selama hidup saya masih sehat, saya tidak akan tinggal diam akan terus berupaya untuk melestarikan orangutan dihabitatnya, sehingga hutan taman nasional tanjung puting benar-benar menjadi koloni (rumah) terbesarnya di dunia,” aku Birute.

    Birute juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak,terutama Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah yang telah gigih memberikan semangat dan dukungannya terhadap perkembangan Taman Nasional Tanjung Puting, juga kepada Balai TNTP, yang sebelumnya telah banyak mendukung dirinya untuk bersama-sama melestarikan orangutan dihabitatnya di TNTP.

    “Harapan saya, kepada semua pihak khususnya pemerintah dan masyarakat mari bersama-sama menjaga hutan dan satwanya agar tetap lestari,” harapnya.

    (Man/beritasampit.co.id).