Seruyan Canangkan Program Gernas Baku

    KUALA PEMBUANG – Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Dinas Pendidikan mencanangkan Program Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) yang diprogramkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

    Ini merupakan upaya untuk mendorong bagi orang tua untuk meluangkan waktu membacakan buku kepada anak-anaknya dengan tujuan meningkatkan minat baca anak melalui pembiasan di rumah, satuan PAUD dan di masyarakat.

    Program ini dicanangkan di Kabupaten Seruyan, Jumat (11/5/2018) di buka langsung staf ahli bupati Seruyan Ir Ilyas yang dihadiri kadis pendidikan Masrohim dan beberapa pimpinan SKPD lainnya, di Lapangan Tennis Indor Kuala Pembuang.

    Pencanangan ini sekaligus merupakan acara puncak juga diikuti oleh peserta didik atau anak-anak PAUD/TK di kecamatan Seruyan Hilir.

    Pjs Bupati Seruyan, dalam sambutannya yang dibacakan staf ahli bupati Ir Ilyas mengatakan tujuan dicanangkannya Gernas Baku dilatar belakangi oleh kondisi masyarakat yang mana kegiatan baca buku anak oleh orang tua jarang dilakukan.

    Berdasarkan riset peminat baca di Indonesia sangat rendah. Dari hasil survei penilaian siswa pada PISA 2015,menunjukan bahwa indonesia berada di urutan 64 dari 72 negara.

    Sedangkan menurut survei BPS tahun 2015, sebanyak 91,47 persen anak usia sekolah lebih suka menonton televisi dan hanya 13,11 persen yang suka membaca,sedangkan membaca buku merupakan salah satu sumber pengetahun yang harus dimiliki.

    “Kita menyadari bahwa pendidikan dalam masa pertumbuhan anak sangat penting dan sangat dipengaruhi oleh peran kita sebagai orang tua dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, ketika anak-anak mau tidur kita sudah jarang membacakan buku kepada mereka,” terangnya

    Dengan adanya gerakan nasional orang tua membacakan buku,menurut Pjs Bupati Seruyan,diharapkan mampu mendukung sebuah inisiatif dan peran keluarga, dalam meningkatkan minat baca anak di rumah,di satuan PAUD serta di lngkungan masyarakat, selain itu dengan gerakan ini akan mengarahkan orang tua dalam membiasakan membaca buku bersama anak.

    “Dengan membiasakan membaca buku bersama anak akan dapat mempererat hubungan sosial, emosi dan menumbuhkan minat baca sejak dini,” katanya.

    (rdi/beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT