BPBD Katingan Bakal Beri Mobil Damkar Setiap Kecamatan

    KASONGAN – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Icing mengatakan bahwa setiap kecamatan di wilayah Katingan bakal mendapatkan masing-masing satu mobil pemadaman kebakaran (Damkar). Hal itu sebagai langkah antisipasi dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kedepan.

    Menurutnya bantuan itu diutamakan bagi kecamatan yang memiliki akses jalan darat yang dapat dijangkau kendaraan roda empat. Sehingga tahap pertama pengadaan mobil damkar hanya sebanyak tujuh unit, untuk sisanya akan direalisasikan pada tahap kedua.

    ” Tujuh unit mobil Damkar itu akan dibagikan untuk BPBD Katingan dan enam kecamatan masing-masing satu unit, yakni Katingan Tengah, Pulau Malan, Tasik Payawan, Kamipang, Mendawai dan Katingan Hilir,” terang Icing belum lama ini.

    Lanjutnya, bahwa mobil Damkar yang dibagikan tersebut berkapasitas maksimal 4000 liter. Selain itu pihak juga akan mengadakan peralatan pemadaman portable untuk kemudian diserahkan kepada pihak kecamatan sebanyak 30 unit.

    ” Pengadaan kendaraan hingga peralatan itu berasal dari Dana Bagi Hasil Dana Reboisasi ( DBH-DR) yang di transfer pemerintah pusat melalui Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI kepada Pemerintah Kabupaten Katingan,” katanya.

    Tambahnya, itu semua karena ada kebijakan baru terhadap penanggulangan bencana Karhutla, sehingga BPBD Katingan diberikan keleluasaan untuk memanfaatkan anggaran tersebut maksimal sebanyak 50 perseb dari total DBH-DR yang didapat pemerintah daerah.

    (ar/beritasampit.co.id)