Polres Seruyan Siap Amankan Arus Mudik Lebaran

    KUALA PEMBUANG – Kepolisian Resor Seruyan akan menyiapkan empat pos lebaran kepada masyarakat selama arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah.

    Empat pos lebaran, yakni terdiri dari tiga pos pelayanan, dan satu pos pengamanan.

    “Intinya kita sudah siap mengamankan seluruh aktivitas masyarakat selama Idul Fitri 1439 Hijriyah, baik arus mudik maupun objek wisata dan tempat-tempat keramaian lainnya,” ujarnya, Kamis (31/5/18).

    Ramon menjelaskan, pos lebaran yang akan disiapkan tujuh hari sebelum lebaran tersebar di sejumlah titik, di antaranya di Lapangan Gagah Lurus Kuala Pembuang, dan di Objek Wisata Sungai Bakau Kecamatan Seruyan Hilir Timur, dan di Desa Pembuang Hulu Kecamatan Hanau.

    “Selama operasi, jumlah personel yang kita turunkan sebanyak 180 personel, terdiri dari personel gabungan Polres Seruyan beserta jajaran termasuk Polsek,” ujarnya.

    Ia menambahkan, selain personel kepolisian, operasi yang telah menjadi agenda rutin tahunan ini rencananya juga akan melibatkan unsur lain seperti TNI, Satpol PP, Dinas Pehubungan (Dishub), Dinas Kesehatan, serta Sentra Komunikasi (Senkom) Polri.

    “Kita berharap dengan adanya dukungan serta pihak lain yang ikut terlibat, maka operasi yang bertujuan untuk mengamankan lebaran ini dapat berjalan lancar,” ungkap Ramon.

    Kemudian, tambah dia, Polres Seruyan juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Seruyan agar memperbaiki sejumlah jalan rusak atau berlubang yang bakal dilalui masyarakat saat arus mudik maupun balik.

    “Kalaupun tidak diperbaiki. Paling tidak nanti instansi terkait dapat menyiapkan papan peringatan sehingga masyarakat dapat berhati-hati saat melewati jalan yang rusak atau berlubang,” ucapnya.

    Ia mengemukakan, sejauh ini situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di “Bumi Gawi Hatantiring” sejauh ini masih kondusif, dan ia berharap agar warga dapat berperan aktif untuk menjaga situasi kondusif tersebut.

    “Kami harap masyarakat Seruyan ikut serta dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif. Karena tanpa peran aktif dari warga, tugas polisi untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif akan terasa berat,” tukas Ramon.

    (rdi/beritasampit.co.id)