Kepengurusan Berakhir, DPD PPMI Kalteng Gelar Musda III

    PALANGKA RAYA – Dewan Pengurus Daerah Purna Prakarya Muda Indonesia (DPD PPMI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), resmi menggelar pertemuan tingkat provinsi yang dinamakan Musyawarah Daerah (Musda).

    Kegiatan ini tidak lain adalah untuk memilih Ketua DPD PPMI Kalteng yang dilaksanakan 5 tahun sekali, digelar pada tanggal 2-3 Juni 2018 di Aula Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalteng.

    Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 40 orang, berasal dari seluruh kabupaten dan berbagai latar belakang angkatan, baik dari angkatan 1995 sampai dengan angkatan 2017.

    Anggota Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) merupakan alumni dari peserta Pertukaran pemuda antar provinsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI setiap tahunnya.

    Oleh karena itu, rekrutmen keanggotaan PPMI hanya dilaksanakan 1 tahun sekali melalui proses seleksi oleh Dinas pemuda dan olahraga di tingkat kabupaten/kota dan provinsi. Menurut Ahmad Solihin, Purna PPMI angkatan tahun 2004, yang juga Mantan DPD PPMI Provinsi Kalteng, Tahun 2006-2011.

    Musda III ini tidak cuma sebagai ajang untuk pemilihan ketua, namun juga sebagai ajang silaturahmi dengan teman-teman 1 angkatan. Hal Senada juga disampaikan oleh Variade, karateker yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan Musda III DPD PPMI ini.

    Dia diminta oleh DPP PPMI Pusat untuk melaksanakan Musda III DPD PPMI dkalteng agar para Pengurusnya kedepan lebih aktif dan lebih mudah berkoordinasi dengan pengurus pusat terkait program-program keorganisasian.

    Sedangkan Anggota PPMI di Kalteng sejak tahun 1995 – 2017 yang terdaftar dalam grup WhatsApp mencapai 123 orang. “Saat ini kami masih terus melakukan pendataan Purna PPMI yg tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Kalteng,” pungkasnya.

    Sementara itu, dalam sambutan Pembukaan Musda III DPD PPMI provinsi Kalteng, Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalteng, Falery Tuwan, mengharapkan agar organisasi ini bisa diaktifkan kembali.

    “Saya bangga dengan organisasi ini, dan berharap akan dihidupkan kembali, PPMI sebagai pelopor kepemudaan yang berbudaya dan berpancasila,” ungkapnya.

    (ppmikalteng for beritasampit.co.id)