Duta dan Forum Genre Katingan Gelar Kegiatan Bank Akhirat

    KASONGAN – Forum Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Katingan beraksi membagi-bagikan takjil kepada pengendara di bundaran Kasongan, dan di Kereng Pangi Kabupaten Katingan, di dua tempat yang berbeda.

    M Aditya Yudha inisiator kegiatan mengatakan bahwa pembagian takjil tersebut bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi serta belajar peduli dan saling menghormati di bulan Ramadan.

    “Ini juga sebagai upaya untuk menebarkan virus Genre dan mengenalkan program Genre ke tengah-tengah masyarakat, juga untuk ajang mencari pahala. Karenanya kesepakatan kami kegiatan ini kami namakan dengan “Bank Akhirat”, ungkap Duta Genre Kabupaten Katingan Jalur Pendidikan ini.

    Ratusan takjil diberikan oleh puluhan remaja yang dengan penuh semangat mencegat para pengguna jalan, dan memberikan takjil sebagai menu untuk berbuka puasa. Sejumlah pengendara pun menerima takjil yang dibungkus kantong plastik kresek merah tersebut dengan sumringah dan bahagia.

    Ketika ditanya dapat dana dari mana? Aenur Rizky, salah seorang peserta aksi, menyatakan bahwa dana untuk kegiatan ini berasal dari iuran para remaja yang tergabung dalam Forum Genre Kabupaten Katingan.

    “Sesuai dengan hasil kesepakatan rapat kami sebelumnya, bahwa masing-masing kita akan iuran guna menyukseskan kegiatan ‘Bank Akhirat’ ini, dan juga mendapat sumbangan dari berbagai pihak yang simpati dan tertarik dengan kegiatan ini,” jelasnya.

    Antusias para pelajar ini menunjukan nilai-nilai sosial terhadap sesama menjadi hal positif dan perlu mendapatkan pembinaan agar menjadu generasi emas Katingan.

    “Terima kasih tak terhingga kami sampaikan dengan tulus ikhlas kepada semua kawan-kawan yang tergabung dalam Forum Genre Kabupaten Katingan, dan kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga aksi ‘Bank Akhirat’ ini dapat terlaksana. Kiranya di bulan mulia ini, Allah akan membalas kebaikan dengan berlipat ganda,” ujar Aenur Dara manis berjilbab ini.

    Kegiatan ini memang kegiatan perdana bagi Forum Genre Katingan namun karena berdampak positif, pihaknya bertekad kegiatan semacam ini akan berlanjut ditahun-tahun mendatang, dan mendapat dukungan lebih luas dari masyarakat Kabupaten Katingan

    Di tempat terpisah, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana (BPPAKB) Kabupaten Katingan Dra Meliasi, menyambut baik kegiatan ‘Bank Akhirat’ yang telah dilaksanakan oleh Duta Genre dan Anak-Anak Forum Genre Kabupaten Katingan.

    “Salut dan apresiasi kami berikan kepada adik-adik Forum Genre, yang telah berinisiatif untuk membuat kegiatan Bank Akhirat, yakni bagi-bagi takjil untuk berbuka puasa. Ini kegiatan positif, yang harus didukung oleh semua pihak, sebab melalui kegiatan seperti ini, akan hadir para remaja yang kreatif dan peduli, yang mengisi masa mudanya secara positif,” terangnya.

    Perkembangan dunia yang kian menglobal telah berpengaruh besar terhadap perilaku remaja, namun lebih cenderung perubahan tersebut mengarah pada kegiatan negatif yang akan merusak masa depan dibanding kegiatan yang positif.

    “Kita tahu, bahwa remaja merupakan aset masa depan bangsa. Negara dengan remaja yang kuat, yang cerdas secara sprititual, intelektual dan emosional akan menjadi negara yang kuat pula,” ujar Meliasi.

    Untuk diketahui bahwa Progran Genre merupakan salah satu program andalan yang diusung oleh BPPAKB Kabupaten Katingan. Melalui Program Genre, yang terlembagakan dalam Kelompok PIK Remaja, akan dapat menghindarkan remaja dari bahaya resiko Triad KRR, yakni pergaulan bebas, menikah dini dan menyalahgunakan Narkoba. Muaranya hadirlah generasi muda yang siap untuk mengemban amanat pembangunan bangsa dan negara.

    (Maulana.Kawit/Beritasampit.co.id)