Kesadaran Jaga Lingkungan Terus di Sosialisaskan ke Masyarakat 

    SUKAMARA – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara menggelar berbagai kegiatan dalam upaya meningkatkan kesadaran untuk menjaga lingkungan.

    “Kami melaksanakan beberapa kegiatan seperti sosialisasi sampah plastik dan pembagian Tanaman di kampung iklim ProKlim Kelurahan Padang dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengolah sampah plastik dan imbasnya pada lingkungan,” ujar Rendy Lesmana, Jumat (8/6/2018).

    Menurutnya dengan sosialisasi penanggulangan Sampah Plastik melalui Program Shodaqoh Sampah Sukamara, dimana sampah masyarakat ditukar dengan tanaman namun saat ini masih terfokus di Kampung iklim yang berada di Kelurahan Padang. Dengan program tersebut diharapkan timbunan sampah plastik yang selama ini menjadi masalah klasik akan berkurang.

    “Harapannya bisa mengurangi sampah dan sekaligus menghijaukan kampung iklim,” ucap Rendy.

    Bukan hanya sosialisasi dalam bentuk pembagian bibit tanaman, namun DLH Sukamara juga menggelar penanaman Pohon Ulin dan Bimtek Tim Serbu Api (TSA) dari tiga desa di wilayah Sukamara.

    “Bimtek ini kami mendatangkan narsum dari Manggala Agni Pangkalan Bun (DBH DR 2018) dengan harapan bintek ini dapat memberikan pengetahuan bagi TSA untuk menjaga dan menanggulangi karhutla pada musim kemarau tahun ini,” kata Rendy.

    “Dengan penanaman Pohon Ulin ini menjadi simbol untuk menjaga keanekaragaman hayati tanaman kearifan lokal karena yang kita ketahui bersama tanaman ini sudah mulai sulit untuk didapatkan,” terang Rendy.

    (enn/beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT