Giliran Karang Taruna Kecamatan Kota Besi Gelar Khitanan Massal

    SAMPIT – Libur lebaran menjadi momen berharga bagi anak-anak sekolah. Namun kali ini, momen lebaran tersebut dimanfaatkan Karang Taruna Kecamatan Kota Besi untuk menggelar khitananan massal gratis bagi masyarakat setempat.

    Tidak kurang dari 59 peserta yang mayoritas duduk di bangku sekolah dasar ini di khitan oleh Pengurus Karang Taruna bidang Kesehatan bekerjasama dengan Petugas Puskesmas Kota Besi yang diselenggarakan oleh Kecamatan Kota Besi serta PT. Nusantara Sawit Persada (NSP).

    Suasana Ramadan kali ini cukup istimewa. Sebab, selain dilaksanakan dalam suasana berpuasa, hikmad, serta meriah juga terdengar isak tangis dari anak-anak lucu ini.

    Ketua Karang Taruna Kabupaten Kotawaringin Timur, Alang Arianto mengatakan pelaksanaan khitanan massal ini terlaksana kedua kalinya setelah sebelumnya digelar di Kecamatan Cempaga. Disamping itu, tujuan dari kegiatan tersebut merupakan bentuk nyata Karang Taruna dalam membantu masyarakat.

    “Alhamdulilah, peserta yang ikut khitanan ini berjumlah 59 orang. Ini dilakukan sebagai kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, yakni bakti sosial berupa sunatan atau khitanan massal. Kami hanya ingin membantu masyarakat kurang mampu dan ini bentuk nyata dari kami,” ungkap Alang Arianto.

    Sementara Humas PT. NSP Jeni Radianto mengatakan, kegiatan khitanan massal merupakan program yang sudah berjalan selama beberapa tahun terkahir di perusahaanya. Hal itu dilakukan guna membantu masyarakat sekitar.

    Bahkan tahun ini, sudah ada 10 desa disekitar perkebunan perusahaannya yang melaksanakan kegiatan sunatan massal. “Kegiatan kali ini kita selenggarakan bersama Karang Taruna dan Kecamatan Kota Besi. Tentunya, kami bersyukur bisa membantu masyarakat kurang mampu. Mudah-mudahan kedepan akan ada kegiatan CSR lainnya untuk masyarakat di Kecamatan Kota Besi juga kecamatan lain di Kotim,” jelas Radianto.

    Terpisah, Ketua Karang Taruna Provinsi Kalteng, Abdul Hafid, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan khitanan massal tersebut. Dirinya berharap, hal ini dapat diikuti oleh kabupaten lain, bahkan kecamatan dan desa di Kalteng.

    “Ini luar biasa. Momen saat libur puasa ini kita manfaatkan untuk kegiatan positif. Kami Karang Taruna terus berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat khususnya di Kalimantan Tengah. Kami juga berharap ada kegiatan lainnya yang sama beanfaatnya oleh Karang Taruna daerah lainnya,” ungkapnya.

    (raf/beritasampit.co.id)