Target Tanam Padi Asep 2018 MHS Seluas 175 Hektare  

    SAMPIT – Target tanam padi April – September (Asep) 2018, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan(MHS), Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Kalimantan Tengah (Kalteng), dilahan seluas 175 hektare mulai sedang digarap 8 Kelompok Tani (Poktan).

    Penggarapan untuk tanam padi unggul Nasional paretas Ciherang itu sedang dilakukan beberapa desa saja. Diantaranya, mereka yang bersedia tanam Asep ditahun ini.

    “Ada tiga desa yang sedang melakukan tanam Asep. Poktan Kelurahan Samuda Kota, Poktan Desa Handil Sohor dan Poktan Desa Sei Ijum Raya,” kata Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Mentaya Hilir Selatan, RA Basuki, di kantornya,Kamis (12/7/2018).

    Dikatakannya, ketiga desa yang bersedia bertanam Asep dan sudah melakukan penggarapan lahan ada 8 Poktan. Kedelapan Poktan yang mulai melakukan bajak sawah dan sudah tabur benih langsung (tabela) tersebut adalah, Kelurahan Samuda ada 2 Poktan yakni, Sumber Usaha dan Karya Bersama. Desa Handil Sohor juga dua Poktan, Karya Baru 1 dan 2.

    Kemudian empat Poktan lainnya desa Sei Ijum Raya yakni, Poktan Sepakat Maju, Sumber Usaha, Karya Murni dan Kelapa Indah. “Dalam beberapa hari ini mereka sudah pengolahan lahan dan sebagian juga sudah melakukan tabela,” ujarnya.

    Informasi yang dihimpun dilapangan menurut Kepala BPP, untuk bantuan herbisida hanya di dapat oleh Poktan Desa Handil Sohor Saja. Sedang untuk Poktan lain nggak terima bantuan herbisida ditanam Asep tahun ini. Mereka para Poktan berharap untuk tahun depan mendapatkan bantuan itu.

    “Bantuan herbisida hanya untuk Poktan desa Handil Sohor saja. Sedang poktan lainnya tidak ada. Mereka hanya melakukan dengan swadaya,” akunya.

    (mar/beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT