Dana Desa : Kades Harus Kreatif dan Berinovasi

    SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mendorong para Kepala Desa (kades) untuk lebih kreatif dan berinovasi dalam mengelola Dana Desa (Dandes) tujuannya membangun desa lebih cepat berkembang untuk mensejahterakan masyarakat.

    Sekretaris Daerah (Sekda), Halikinnor berharap kades lebih kreatif mengelola Dana Desa yang ada. Supaya, pembangunan desa bisa berkembang dan maju dari sebelumnya bahkan bisa membantu meringankan Pemda.

    “Pilih program yang ada, disesuaikan dan dicocokan dengan kondisi dan potensi desa,” terang Halikin.

    Sambungnya, jika dijalankan dengan baik pembangunan di desa cepat berkembang dan maju. Selain itu, program yang dijalankan di desa mendorong peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.

    “Makanya, kades harus punya inovasi dan terobosan untuk membangun desa. Mudah-mudahan adanya pelatihan yang pernah diikuti, membuat kades terbuka wawasan dan pengetahuannya,” jelas Mantan Asisten II Setda Kotim ini.

    Halikin juga mengingatkan agar kades jangan melupakan pengelolaan dana secara transparan dan akuntabel, serta penggunaan harus dilaporkan pertanggungjawabannya.

    “Jadi ketika usaha desa jalan dan tidak ada masalah terkait dana. Semua perangkat desa akan aman dan nyaman. Serta kesejahteraan masyarakat akan terbantu dengan inovasi dan kreativitas kades yang mampu menumbuhkan potensi desa,” tutur Halikin.

    (bnr/beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT