Senior Alumni HMI Fery M Baldan: Alumni HMI Jangan Terikut Arus Kampanye Hitam

    JAKARTA – Alumni HMI dalam tahun politik ini menghadapi Pilpres dan Pileg 2019, jangan terikut arus kampanye hitam (black campaign) sehingga kesatuan alumni terganggu.

    “Jangan gara gara lima menit memilih suara di TPS kita tercerai berai,” kata senior HMI Fery Mursyidan Baldan memberi tausiyah pada Silaturahmi dan Halal bihalal Alumni HMI di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (22/7/2018).

    Ketua Umum PB HMI 1990–1992 itu menjelaskan dalam melakukan peran dan kiprah pada kontestasi figur seperti Pilkada dan Pilpres, harus ditumbuhkan kesadaran untuk hadirnya moralitas politik dalam melakukan pilihan bagi dirinya dan etika dalam memandang pilihan orang lain khususnya sesama Alumni.

    “Moralitas politik dalam melakukan pilihan adalah nilai dan basis argumen dalam melakukan pilihan sebagai bagian dari mission HMI. Sedangkan etika politik dalam melihat pilihan alumni lain yang berbeda adalah dengan menghormati pilihan yang berbeda tersebut. Kita Harus bisa menerima tanpa memberi penilaian terhadap pilihan yang berbeda dan kita juga tidak menjelekkan (Black Campaign) terhadap figur yang tidak menjadi pilihan kita,” ujarnya.

    Justru ruang interaksi dengan pilihan figur yang berbeda harus diisi dengan berlomba menampilkan sisi baik figur pilihan masing-masing tanpa memberi penilaian.

    Pada sisi ini sebagai Alumni HMI, maka Silaturahmi Pasca HMI justru akan menjadi ruang politik yang sehat dan mencerdaskan, bukan justru menjadi ruang politik yang sekedar mengekspresikan “Like and Dislike” semata, sambungnya.

    Hal itu justru menyurutkan support alumni bagi kandidat pilihannya. Karena memang sudah berbeda pilihan, pilihan tidak mungkin berubah, tapi potensi permusuhan yang mengganggu silaturahmi pasti terjadi, tambahnya.

    Dukungan tidak didapatkan, orang tetap pada pilihannya dan silaturahmi menjadi berjarak, jika tidak mau dikatakan tercederai, jelasnya.

    (jan/Beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT