Desa Kuin Permai Prioritaskan 8 Item RKPDes Tahun 2019

    SAMPIT – Musyawarah Kerja (Musdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Kuin Permai, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) untuk tahun 2019 memprioritaskan sebanyak 8 item pembangunan.

    Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kuin Permai, Rony menyampaikan, sebelum musdes berlangsung, BPD sudah melakukan rapat bersama dengan mengundang semua tokoh-tokoh serta perwakilan masyarakat yang tertuang dalam usulan-usulan Pra Musyawarah Rencana Kerja Pembangunan( Pra Musrenbang).

    “Sebelum musdes ini, kita sudah melakukan usulan-usulan pra Musrenbang beberapa waktu lalu yang dihadiri Pj Kades, semua Rt serta kelompok perwakilan masyarakat yang menyimpulkan beberapa prioritas usulan pembangunan,” tandasnya dihadapan para peserta, Rabu (26/7/2018) siang.

    Adapun usulan yang akan dituangkan dalam draf pembangunan RKPDes tahun 2019 melalui Dana Desa (DD) sebanyak 8 item prioritas usulan pembangunan.

    Kedelapan prioritas pembangunan itu sambung Rony adalah, jembatan gorong-gorong jalan HM Arsyad RT 01 sebanyak 1 unit, Saluran / Drainase jalan Simpang Buaya RT 04, jembatan gorong-gorong jalan Simpang Buaya RT 05 sebanyak 4 unit, jembatan gorong-gorong jalan Simpang Buaya RT 06 sebanyak 4 unit, Penimbunan jalan Malang Ani dari RT 07 sampai RT 05, jembatan gorong-gorong jalan Malang Ani dari RT 07 Sampai RT 05 sebanyak 8 unit, kemudian jembatan Beton jalan Malang Ani (Depan Mupakat 1) sebanyak 1 unit, pembangunan Pos Kamling jalan Simpang Buaya RT 04 dan jalan HM Arsyad RT 01 masing-masing 1 unit.

    Disamping itu, untuk usulan prioritas RKPDes 2019 melalui anggaran-anggaran dari dana lainnya ada puluhan prioritas usulan pembangunan yang dilampirkan.

    “Prioritas usulan melalui dana anggaran Kabupaten ada 10 item dan Provinsi juga 10 item. Mudah-mudahan melalui Musrenbang Kecamatan nanti bisa terdanai,” harap Pj Kades Sugito, SE menambahkan.

    Dalam rapat itu, selain yang diprioritaskan sudah disepakati, juga banyak usulan-usulan yang diutarakan dalam rapat tersebut. Mulai Pendidikan, minta penimbunan, WC dan Mubeller, Kesehatan, Pembangunan gedung Puskesdes, Karang Taruna, penimbunan lapangan Sepak Bola serta lapangan Volly Bal, kelompok PKK usul Mesin Jahit dan lain-lainnya. Semua usulan yang dipaparkan itu juga mendapat penjelasan langsung dari masing-masing ahli yang membidangi tupoksinya tersebut.

    Hadir Camat Teluk Sampit yang diwakili Kasi Pemerintahan, Muslih,ST, Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif Kabupaten Kotim, Siti Indah Rusiana, pendamping desa, Sri Rezeki Togatorop, Teknik Kecamatan, Sarah ST, Pj Kades Sugito, SE, dan bidang PKH Zulfikar.

    (mar/beritasampit.co.id).

    EDITOR : MAULANA KAWIT