Kodam XII/Tpr Gelar Syukuran HUT ke-60 di Aula Makodam

    KUBU RAYA – Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura menggelar syukuran dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kodam XII/Tanjungpura ke-60, di Aula Makodam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang, Kubu Raya, Kalbar, Rabu (1/8/2018) malam.

    Acara syukuran ditandai dengan pemotongan Nasi Tumpeng oleh Panglima Kodam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi didampingi Kasdam XII/Tpr, Brigadir Jenderal TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M, Ketua serta Wakil Ketua Persit KCK Daerah XII/Tpr diberikan kepada peraih medali emas pada Porad 2018.

    Dalam amanat Panglima Kodam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-60 dan Selamat Berbahagia kepada segenap prajurit dan Keluarga Besar Kodam XII/Tpr dimanapun berada dan bertugas, disertai ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus, atas tugas, pengabdian dan dedikasi yang telah diberikan kepada Kodam XII/Tpr, TNI Angkatan Darat serta bangsa dan negara yang sangat kita cintai.

    “Semoga peringatan hari ulang tahun ini, dapat menjadi momentum untuk melakukan introspeksi dan mawas diri atas pelaksanaan tugas, sekaligus sebagai wahana untuk meningkatkan soliditas serta menggelorakan semangat pengabdian Prajurit Kodam XII/Tpr,” harapnya.

    Lebih jauh Panglima Kodam XII/Tpr menyampaikan, bahwa Kodam XII/Tpr dibentuk berdasarkan Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat, pada 17 Juli 1958, saat itu masih bernama Kodam XII/Kalbar.

    Seiring dengan berjalannya waktu pada 18 Februari 1960, Kodam XII/Kalbar berubah menjadi Kodam XII/Tpr yang selanjutnya pada 9 Februari 1985 Kodam XII/Tpr dilikuidasi menjadi Korem 121/Abw yang berkedudukan di Pontianak.

    Lanjutnya, dihadapkan dengan luasnya wilayah Kalimantan serta mempertimbangkan perkembangan lingkungan strategis, maka TNI AD memandang perlu untuk membentuk kembali Kodam XII/Tpr, yang jangkauan tugasnya meliputi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

    Menyikapi hal tersebut, maka pada 2 Juli 2010 Kodam XII/Tpr telah diresmikan keberadaannya. Selain itu, kata Panglima Kodam XII/Tpr, masih perlu kita benahi dan kita sempurnakan, terutama peningkatan kemampuan dan peningkatan disiplin prajurit, karena dua hal ini merupakan faktor penting yang sangat berpengaruh terhadap optimalisasi keberhasilan tugas pokok Kodam XII/Tpr.

    ”Melalui acara syukuran kali ini kiranya dapat dijadikan sebagai sumber kekuatan dan motivasi bagi prajurit Kodam XII/Tpr, untuk memperkuat komitmen dan tekad dalam pelaksanaan tugas-tugas ke depan. Juga, beberapa kegiatan yang diselenggarakan oleh satuan atas, yang dapat membawa harum nama Kodam XII/Tpr, yaitu keberhasilan Tim Ton Tangkas Kodam XII/Tpr meraih Juara Harapan Satu pada perlombaan Ton Tangkas tahun 2018 dan keberhasilan Tim Porad dalam ajang olah raga umum tingkat Angkatan Darat yang baru saja selesai dilaksanakan. Sebagai juara harapan Dua dengan 4 emas, 5 perak, dan 5 perunggu,” terangnya.

    Selain itu, Panglima Kodam XII/Tpr, mengingatkan kepada kontingen Porad yang telah berjuang secara maksimal dan mengharumkan nama Kodam XII/Tpr, tidak boleh berpuas diri, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi dan disempurnakan untuk menghadapi pertandingan-pertandingan yang akan datang, pengalaman bertanding yang telah dilaksanakan agar dijadikan bekal berharga untuk dapat meningkatkan prestasi agar lebih baik pada kesempatan yang akan datang.

    Diakhir amanat Panglima Kodam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh Prajurit dan Keluarga Kodam XII/Tpr yang telah melaksanakan tugas dengan baik, penuh rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi. Mari kita masuki tahun 2018-2019 dengan semangat harus lebih baik dari tahun sebelumnya.

    ”Dirgahayu ke-60 Kodam XII/Tanjungpura, Charathana Jitavina. Sekali Melangkah Pantang Menyerah”.

    (Rilis/KodamTanjungpura/ForBeritasampit.co.id)