Sampah Menumpuk di Saluran Drainase, Dewan Minta Dibersihkan

    KUALA PEMBUANG – Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, meminta kepada dinas instansi terkait, untuk bisa membersihkan sampah yang terdapat di saluran drainase. Hal ini dikatakan salah seorang anggota DPRD Seruyan H.Syansudin kepada wartawan, baru baru ini. Menurut politisi Hanura ini, sampah-sampah yang terdapat di selokan atau di saluran drainase hendaknya bisa dibersihkan.

    Karena akan dapat menyumbat dan mengganggu kelancaran air yang mengalir pada saluran drainase tersebut. Bahkan dapat menjadi tempat bersarangnya kuman-kuman penyakit yang membahayakan manusia. “Sampah-sampah yang terdapat pada saluran drainase itu hendaknya bisa secepatnya dibersihkan,” katanya, (9/8/2017). Selain mengganggu kelancaran air pada saluran drainase tersebut lanjutnya, juga akan dapat menyebabkan dampak-dampak lainnya.

    Yakni, akibat dari adanya sampah yang berada pada saluran drainase tersebut, misalnya tempat bersarang dan berkembangbiaknya kuman-kuman penyakit seperti nyamuk demam berdarah dengue (DBD) maupun lainnya. “Diharapkan bisa segera dibersihkan sampah-sampah yang tersebar di dalam saluran drainase khususnya untuk wilayah ibukota Kuala Pembuang,” ucapnya.

    Sementara itu ujar anggota dewan dari Dapil I ini, apabila saluran drainase itu bersih dari sampah-sampah, maka tentunya kondisi kota akan tampak sehat dan nyaman dinikmati. Dan untuk meraih adipura juga diperlukan kebersihan salah satu syaratnya. Kondisi Ibukota Kuala Pembuang sebagai pusat ibukota Seruyan memang harus dijaga kebersihannya.

    Karena ibukota kabupaten merupakan pusatnya kota bagi masyarakat yang terdapat pada seluruh kecamatan. “Kebersihan di setiap kecamatan, desa maupun kelurahan harus betul- betul diperhatikan dan dijaga dengan sebaik-baiknya, salah satunya saluran drainase tersebut”, ujarnya.

    Untuk itu dirinya berharap, khususnya kepada dinas terkait agar kebersihan pada saluran drainase tersebut harus selalu dibersihkan. Dan terhadap masyarakat dihimbau agar selalu memiliki kesadaran dalam membuang sampah. “Sehingga tidak ada lagi yang membuang sampah di sembarang tempat, apalagi pada saluran drainase,” tukasnya.

    (sti/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)