149 Sapi dan 30 Kambing di Sukamara, Dinyatakan Sehat

    SUKAMARA – Setelah dilakukan pemeriksaan ante mortem terhadap hewan kurban yang akan disembelih pada perayaan hari kaya idul Adha 1439 H yang jatuh pada 22 Agustus, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Sukamara memastikan bahwa seluruh hewan kurban dalam keadaan sehat.

    “Setelah diperiksa yaitu pemeriksaan ante mortem alhamdulillah sapi dan kambing sehat semua,” ujar Kepala Bidang Peternakan DKPP Sukamara, Syamsir Hidayat, Selasa (21/8/2018) malam.

    Syamsir menerangkan hingga malam ini ada 149 sapi dan 30 kambing dengan rincian di Kecamatan Pantai Lunci ada 7 ekor sapi, di Kecamatan Jelai ada 7 ekor sapi serta Kecamatan Permata Kecubung ada 13 sapi ekor dan 4 ekor kambing, lalu di Kecamatan Balai Riam ada 35 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

    “Yang paling banyak di kecamatan Sukamara itu ada 87 ekor sapi dan 22 kambing,” ucap Syamsir.

    Pemeriksaan Ante Mortem (bagian luar) hewan kurban adalah pemeriksaan yang meliputi bulu, gerakan, cara bernapas, lubang kumlah (mata, hidung, telinga, mulut, anus), suhu tubuh ideal 39-400C serta tinja dan urin.

    “Hari ini kita lakukan pemeriksaan ante mortem lalu dilanjutkan pada hari H dilakukan pemeriksaan Post Mortem yang meliputi daging/karkas, isi rongga perut (lambung, hati, perut), isi rongga dada (jantung, paru-paru), limpa tidak ada kelainan/bengkak, selaput lendir/kumlah kumlah tidak merah/hitam, jantung, hati, paru-paru tidak berubah/pendarahan,” jelas Syamsir Hidayat.

    (enn/beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT