149 Sapi dan 30 Kambing di Sukamara, Dinyatakan Sehat

289
Foto : ist - Petugas DKPP Sukamara saat memeriksa kesehatan hewan kurban.

SUKAMARA – Setelah dilakukan pemeriksaan ante mortem terhadap hewan kurban yang akan disembelih pada perayaan hari kaya idul Adha 1439 H yang jatuh pada 22 Agustus, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Sukamara memastikan bahwa seluruh hewan kurban dalam keadaan sehat.

“Setelah diperiksa yaitu pemeriksaan ante mortem alhamdulillah sapi dan kambing sehat semua,” ujar Kepala Bidang Peternakan DKPP Sukamara, Syamsir Hidayat, Selasa (21/8/2018) malam.

Syamsir menerangkan hingga malam ini ada 149 sapi dan 30 kambing dengan rincian di Kecamatan Pantai Lunci ada 7 ekor sapi, di Kecamatan Jelai ada 7 ekor sapi serta Kecamatan Permata Kecubung ada 13 sapi ekor dan 4 ekor kambing, lalu di Kecamatan Balai Riam ada 35 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

Baca Juga:   Hati-Hati!!! Anjing Rabies Berkeliaran, Ternak Sapi Warga Sukamara Mati

“Yang paling banyak di kecamatan Sukamara itu ada 87 ekor sapi dan 22 kambing,” ucap Syamsir.

Pemeriksaan Ante Mortem (bagian luar) hewan kurban adalah pemeriksaan yang meliputi bulu, gerakan, cara bernapas, lubang kumlah (mata, hidung, telinga, mulut, anus), suhu tubuh ideal 39-400C serta tinja dan urin.

“Hari ini kita lakukan pemeriksaan ante mortem lalu dilanjutkan pada hari H dilakukan pemeriksaan Post Mortem yang meliputi daging/karkas, isi rongga perut (lambung, hati, perut), isi rongga dada (jantung, paru-paru), limpa tidak ada kelainan/bengkak, selaput lendir/kumlah kumlah tidak merah/hitam, jantung, hati, paru-paru tidak berubah/pendarahan,” jelas Syamsir Hidayat.

Baca Juga:   OPERASI ZEBRA, Wakapolres: "Setiap Pelanggar Langsung Tilang"

(enn/beritasampit.co.id)

EDITOR : MAULANA KAWIT

Komentar Facebook

comments