Wujudkan Kondisi Aman, Polres Katingan Gelar Deklarasi Damai Pemilu 2019

    KASONGAN – Wujudkan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) agar selalu aman, damai dan Sejuk di wilayah hukunya. Polres Kabupaten Katingan gelar deklarasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Bundaran Kantor Bupati Katingan, Kota Kasongan, Minggu (16/9/2018).

    Deklarasi Pemilu tersebut diikuti oleh seluruh Bakal Calon Legislatif dari berbagai partai Politik, dan dihadiri Pj Bupati Katingan diwakili asisten III Alfianor, Ketua DPRD Katingan, Ketua KPU Katingan, Ketua Bawaslu Katingan, beberapa organisaai kepemudaan dan tamu undang lainnya.

    Kapolres Katingan, AKBP Elieser Dharma Bahagia Ginting S I K mengatakan, bahwa tahapan Kampanye merupakan tahapan yang cukup rawan dimana bisa menimbulkan pelanggaran maupun tindak pidana seperti, Kampanye Hitam, misalnya ditempat rumah Ibadah, pengerusakan, penganiayaan dan perkelahian antar pendukung maupun hal lainnya.

    Maka oleh sebab itu, dengan adanya deklarasi Pemilu 2019 ini bertujuan untuk menghindari terjadinya pelanggaran dan tindak pidana. Sehingga perlu adanya komitmen dan tekad para peserta Pemilu untuk tidak melakukan hal yang bertentangan dengan ketentuan aturan yang berlaku.

    ” Dengan deklarasi ini juga dapat menyatukan tekad dan komitmen agar Pemilu 2019 di Kabupaten Katingan dapat berlangsung dengan Aman, Damai dan Sejuk. Saling menghargai pebedaan pendapat dan hindari perbuatan menghina atau menjelekkan orang lain,” terang Dharma Ginting.

    Selain itu, dengan melaksanakan orasi yang benar, karena Negara kita terbentuk dari memajemukan baik agama, suku, budaya dan adat kstiadat.

    “Kami mengajak seluruh elemen untuk tetap menjaga situasional di Kabupaten Katingan untuk mewujudkan Pemilu 2019 aman, damai dan sejuk,” pungkasnya.

    Dalam kesempatan itu juga Pejabat Bupati Katingan yang diwakilkan oleh Asisten III Setda Katingan, Alfianor mengatakan bahwa Pemerintah daerah selaku mendukung lelaksanaan Pemilu 2019 agar dapat berjalan dengan baik.

    Masyarakat dan pihak terkait lainnya diharapkan selalu menjaga Persatuan dan Kesatuan di Kabupaten Katingan.

    “Untuk itulah, pemerintah daerah sangat menyambut baik dan mendukung diselenggarakannya Deklarasi Pemilu 2019 oleh Polres Katingan sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya.

    Ketua KPU Katingan, Usman Sitepu mengatakan, bahwa Pemilu 2019 merupakan puncak demokrasi 5 tahunan. Karena sesuai dengan Undang-Undang pemilihan anggota Legislatif dan Presiden. Sehingga KPU Katingan menargetkan 77,5 % partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019.

    ” Kami harapkan pada saat kampanye nanti agar menyampaikan informasi yang benar, serta anti Hoax dan tidak menyebarkan isu sara yang bisa merusak keutuhan Bangsa dan Negara khususnya di Katingan Terimaksih kepada Kapolres Katingan yang telah menyelenggarakan kegiatan Deklarasi Pemilu ini,” terangnya.

    Sementara, ditempat yang sama Ketua Pawaslu Katingan Yosafat Ericktovia Kawung menyampaikan Bawaslu dari pusat sampai daerah selalu mengedepankan pencegahan dan proses penanganan pelanggaran Pemilu 2019 dengan santun dan Humanis. “Kami selalu membuka diri dan menjadikan para peserta Pemilu 2019 sebagai Mitra. Selain itu, kami membuka kritik dalam setiap pelaksanaan tugas dilapangan,” singkatnya.

    Perlu diketahui, pembacaan Deklarasi Pemilu langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Katingan, Ignatius Mantir Ledie Nussa dan diikuti oleh Partai Politik serta seluruh Bakal Calon Legislatif dari berbagai partai dan tamu undangan yang hadir.

    Kegiatan dilanjutkan, dengan penandatangan Deklarasi Pemilu 2019 oleh Peserta Pemilu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Katingan.

    (ar/beritasampit.co.id)

    Editor: FAHRIZAL

    (Visited 5 times, 1 visits today)