Dikomandani Suprapto Sungan, Warga Rungan Manuhing Demo Depan Istana Negara

    JAKARTA-Warga Rungan dan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah menggelar aksi di depan Istana Negara, Jakarta.

    Dikomandani putra terbaik Rungan dan Manuhing, Suprapto Sungan, ratusan warga mendesak agar pemerintah pusat segera menandatangi 2 Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang merupakan amanat dari UU Nomor 24 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

    Dua RPP tersebut, yakni RPP tentang Penataan Daerah (Detada) dan RPP tentang Desain Dasar Penataan Daerah (Desartada) sebagai payung hukum daerah otonomi baru (DOB).

    “Penyampaian aspirasi dari para pejuang daerah otonomi baru untuk pemerintah pusat, agar segera menandatsngai 2 RPP tentang Destada dan Detada,” ungkap Suorapto kepada beritasampit.ci.id via Whatsapp, Sabtu (6/10/2018) siang.

    Dijelaskannya, pemekaran Kabupaten Rungan Manuhing merupakan tindak lanjut dari aspirasi masyarakat Rungan Manuhing (Ruma) yang telah dimulai dari kongres rakyat Ruma tahunn 2000 di Tangkiling, Kelurahan Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Palangka Raya.

    “Kemudian dilanjutkan Kongres rakyat ke 2 tahun 2015 di Jakatan Raya, Kecamatan Rungan dan saat ini dalam proses penyelesaian administrasi dan sudah terdaftar di Kemendagri. Mudahan akhir Oktober ini selesai, mohon dukungan doa,” ucapnya.

    (gra/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)