Wes Lezattt….. Lomba Bakar Nasi Lemang Khas Kalimantan

    PANGKALAN BUN – Lomba bakar Nasi lemang dan menunya diwarnai kepulauan asap, sontak kepulan ini sesekali membuat juri meneteskan air mata akibat perih. Lomba ini merupakan bagian dalam rangka memeriahkan HUT Ke 59 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

    Nasi Lemang merupakan makanan sejenis lontong bentuk panjang yang dibuat dari bahan baku beras ketan. Pengolahan dari beras ketan hingga menjadi lemang melewati proses pematangan yang unik, yakni dimasak dalam seruas bambu.

    “Sebelum dimasukkan ke dalam bambu, terlebih dahulu beras ketan digulung dengan daun pisang atau daun bambu. Selain di provinsi Kalteng, lemang juga banyak ditemui di provinsi Kalimantan Selatan. Lemang biasanya disajikan bersama lauk asin ataupun tidak, tergantung seleranya masing-masing,” kata Darmawan mantan Anggota DPRD Kobar, yang juga salah seorang peserta Lomba dari Pangkut Kecamatan Aruta,saat dibincangi beritasampit.co.id.

    Pantauan beritasampit.co.id, lomba bakar nasi Lemang yang digelar di Taman Bundaran Segitiga Pangkalan Bun Kamis (11/10/2018), diprakarsai Dinas Pendidikan Kabupaten Kobar, diikuti sekitar 50 peserta.

    Dan uniknya para peserta lomba yang kebanyakan dari ibu-ibu rumah tangga ini harus membawa kayu bakar dan sejumlah potongan bambu.

    Kemudian potongan bambu sekitar panjang 40 s/d 50 cm itu diisi beras,vyang sudah dicuci bersih ada beras ketan ada juga beras biasa, lalu bambu yang sudah diisi beras dibakar. Maka tak ayal lagi, di Taman Segitiga munculah beberapa gundukan api yang diwarnai kepulan asap.

    Para peserta setiap kelompok sekitar 5 orang itu dibagi-bagi tugas, ada yang bagian membakar bambu ada pula yang bagian meracik bumbu untuk menu nasi Lemang.

    ”Kalau lomba kuliner masakan sehat 5 sempurna kemarin Rabu 10 Oktober 2018 di arena Pameran Kobar Expo,tidak diwarnai asap yah jadi saat penilaian tidak ada yang pedih kemata,” kata seorang juri bercoletah.

    Terpisah Kadis Pendidiakn Kobar H Rosehan Pribadi mengatakan Lomba Bakar Nasi Lemang dan Menunya, selain untuk memeriahkan HUT Ke 59 Kabupaten Kobar juga untuk lebih memasyarakatkan Nasi Lemang di Kabupaten Kobar.

    “Nasi bakar lemang juga salah satu khas makanan favorit dari Kalimantan, tapi terkadang sulit untuk mencarinya maka melalui lomba ini diharapkan Nasi Lemang bisa lebih memasyarakat,” terang Rosehan Pribadi.

    (Man/Beritasampit.co.id).

    EDITOR : MAULANA KAWIT

    (Visited 3 times, 1 visits today)