Mutu Wartawan se Kalteng Ditingkatkan, PWI Kotim Uji Kompetensi

    SAMPIT – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kotawaringin Timur melaksanakan uji kompetensi wartawan (UKW), selama dua hari di Kota Sampit. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari sejak Jumat-Sabtu 19-18 Oktober 2018 ini diikuti oleh wartawan se Kalimantan Tengah

    Berdasarkan data, tercatat ada 67 peserta yang mendaftar yang terbagi pada tiga kelompok ujian. Kelompok Utama sebanyak 11 peserta, Madya 14 peserta dan Muda 42 peserta. Ketua PWI Kalteng, H. Sutransyah mengatakan saat ini tercatat ada 389 anggota PWI yang aktif se Kalimantan Tengah.

    Tentunya UKW yang dilaksanakan di Kotim ke-X kali ini, menyisakan 23 persen anggota PWI yang masih belum kompeten. Disamping itu, dengan diselenggarakannya UKW ini tentunya bentuk kontribusi PWI untuk pemerintah dengan menciptakan wartawan yang kompeten.

    “Wartawan yang ikut, tentu medianya diakui oleh Dewan Pers yang memiliki badan hukum. Jika guru harus kompeten, maka wartawan juga harus kompeten. Sehingga ini ssesuai penerapan UUD No. 40 tahun 99 yakni seperti berita berimbang. Sesuai tugas Pers yakni Pilar ke 4 demokrasi,” ungkapnya, Jumat (19/10/2018).

    Sementara itu Ketua PWI Kotim, Andri Rizky Agustian mengatakan peserta yang ikut dalam kegiatan UKW ini merupakan wartawan yang aktif baik itu media cetak, elektronik, dan online. “Peserta yang sudah terdata berjumlah 67 orang. Mudah-mudahan pelaksanaan UKW ini dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

    (raf/beritasampit.co.id)