Tingkatkan Kesejahteraan Peternak, DKPP Sukamara Bantu Sapi Bali

    SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat menyerahkan bantuan hibah sapi Bali kepada tiga kelompok peternak di Kecamatan Sukamara, Senin (5/11/2018).

    “Kelompok peternak yang mendapatkan adalah Kelompok Lebusuro Desa Kartamulia mendapat sebanyak 14 ekor, Kelompok Peternak Tiga Saudara Desa Pangkalan Muntai mendapat sebanyak 14 ekor dan Kelompok Peternak Usaha Sapi Bersama Kelurahan Padang mendapat sebanyak 19 ekor,” jelas Kepala Bidang Peternakan Syamsir Hidayat, usai menyerahkan bantuan hibah sapi, di Kelurahan Padang.

    Menurut Syamsir, tujuan dan sasaran disalurkannya bantuan ternak sapi Bali tersebut, agar dapat menurunkan angka kemiskinan selain itu juga untuk meningkatkan populasi dan produksi peternakan

    “Hasil akhir dari program ini adalah meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan petani serta tumbuhnya kelompok usaha peternakan rakyat ” ucap Syamsir.

    Dalam kesempatan itu, Syamsir menerangkan bahwa pihak DKPP Sukamara bersama kelompok penerima bantuan sapi terikat kesepakatan yang tertuang dalam surat perjanjian kerjasama, dimana kelompok berkewajiban untuk mengembangkan usahanya sesuai juknis serta kelompok wajib memberikan laporan perkembangan kegiatannya.

    “Kerjasama ini antara Kepala Dinas dengan kelompok penerima bantuan sapi bali untuk pengembangan pembibitan ternak melalui kelompok tahun 2018 dan ini ada petunjuk teknisnya,” katanya.

    “Sedangkan untuk sapi yang baru datang langsung diperiksa oleh dokter hewan kemudian dikarantina selama 7 hari dan setelah dinyatakan sehat dengan dikeluarkannya Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) maka sapi baru dapat dibagikan ke kelompok,” tukas Syamsir.

    (enn/beritasampot.co.id)

    Editor : Irfan

    (Visited 2 times, 1 visits today)