Tingatkan Partisipasi Pemilih, KPU Kapuas Gencar Sosialisasikan Pemilu ke Sekolah dan Kampus

238
Komisioner KPU Divisi SDM dan Parmas Jamilah berfoto bersama dengan mahasiswa Akper Pemkab Kapuas usai mensosialisasikan Pemilu 2019.

KUALA KAPUAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan umum (pemilu) 2019 mendatang.

Salah satu upaya mereka dengan program KPU Goes To School dan KPU Goes To Campus. Dimana dengan program itu mereka gencar mensosialisasikan pemilu di sekolah dan perguruan tinggi yang notabene-nya adalah pemilih pemula.

Ketua KPU Kapuas Budi Prayitno melalui Ketua Divisi SDM dan Parmas Jamilah mengatakan, sedikitnya ada sembilan SMA/Sederajat dan dua perguruan tinggi yang telah mereka datangi untuk mensosialisasikan pemilu 2019.

Baca Juga:   Pemkab Kapuas Konsultasi ke LKPP

Lanjut Jamilah, perguruan tinggi yang sudah mereka datangi yakni STIH Kuala Kapuas dan Akper Pemkab Kapuas.

“Kami gencar melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan kampus lantaran disana banyak pemilu pemula. Dengan sosialisasi yang kami lakukan ini diharapkan partisipasi pemilih semakin meningkat,” ujarnya, belum lama ini.

Dalam sosialisasi itu, terang Jamilah, pihaknya memberikan pemahaman tentang pemilu. Kemudian saat itu kami menekankan agar pemilih pemula dapat menjadi pemilih cerdas dan tidak menghilangkan hak suaranya pada pemilu 2019 yang akan datang.

Baca Juga:   KPU Kapuas Gelar Pleno Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

“Selain itu, kami juga menekankan bagaimana cara pengecekan daftar pemilih tetap (DPT),” katanya.

Ditambahkan Jamilah, dalam sosialisasi itu pihaknya juga mengadakan sharing dan tanya jawab, serta memberikan simulasi tata cara pencoblosan.

“Kemudian kita juga memberikan beberapa bingkisan (doorprize) untuk memancing respon mereka, juga sebagai stimulan agar mereka dapat mengikuti kegiatan dengan rasa senang dan tidak terkesan membosankan,” pungkas Jamilah.

(irfan/beritasampit.co.id)

Komentar Facebook

comments