Gubernur Melayangkan Surat Ke Mentri Mohon Kumai Ditetapkan Sebagai “ Sail to Kumai Tanjung Puting  2020”

    PANGKALAN BUN,- Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H.Sugianto Sabran,telah melayangkan surat ke Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI di Jakarta,untuk menetapkan Kumai sebagai pelaksana kegiatan Sail to Indonesia, dengan nama ‘Sail to Kumai Tanjung Putting 2020’.

    Surat Gubernur No.430/781/Disbudpar, sifat penting tertanggal 30 Oktober 2018,juga ditembuskan ke Menteri Pariwisata RI,Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,RI. Menteri Perhubungan RI dan Ketua Tim Percepata Pengembangan Wisata Bahari (TPPWB) serta Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kalteng Berkah (TPP-KB).

    Antara lain isi suratnya,dalam rangka meningkatkan jumlah kunjugan wisatawan mancanegara ke Kalimantan Tengah dan pencapaian target nasional 20 juta untuk kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun 2019.

    Masih dalam suratnya Gubernur juga mengatakan saat penyambutan para yachter,dalam pelaksanaan Wonderful Sail to Indonesia 8 – 11 Oktober 2018 di Kumai,Pangkalan Bun Kabupaten Kobar berhasil sukses dan lancar.

    Juga dalam suratnya menginformasikan Taman Nasional Tanjung Putting (TNTP) yang memiliki luas 415.040 Ha,memiliki jumlah orangutan sekitar 5000 ekor terbanyak di dunia,serta memiliki hutan tropis sebagai paru-paru dunia yang menjadi daya tarik wisata.

    Kepala Dinas Pariwisata Drs.Wahyudi,MSI saat dikonfirmasi beritasampit,Senin (12/11/2018),membenarkan pihaknya telah menerima tembusan Surat Gubernur Kalteng yang dilayangkan ke Menteri Koordinator Bidang Kementerian RI. “Mudah-mudahan surat dari Pak Gubernur itu,bisa dikabulkan oleh Menteri”,jawab Wahyudi. (Man).