Cegah Penyebaran DBD, Ini yang Dilakukan Pemkot Palangka Raya

    PALANGKA RAYA-Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Palangka Raya terus diwaspadai. Pasalnya, beberapa wilayah masih menjadi endemik DBD.

    Guna mencegah penyebaran nyamuk menularkan (atau menyebarkan) virus dengue penyebab DBD, Pemerintah Kota Palangka Raya telah melakukan langkah atisipasi.

    Menurut Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, langkah pencegahan yang dilakukan melalui foking di beberapa titik endemik DBD.

    Selain itu juga dirinya sudah membuat surat himbauan kepada Camat dan Lurah. “Himbauan agar disampaikan kepada Ketua RT diwilayahnya masing-masing agar membersihkan lingkungan,” jelas Fairid.

    Lebih lanjut dia menjelaskan, melalui surat kepada Camat dan Lurah agar menyampaikan kepada Ketua RT untuk membudayakan kembali gotong royong kerja bakti membersihkan lingkungan. “Surat himbauan itu sebagai upaya pencegahan DBD,” tuturnya.

    Seperti diberitakan sebelumnya, memasuki musim hujan, saluran drainase yang tersumbat sampah dan sendimentasi lumpur dipastikan bakal memicu air meluap kejalan komplek pemukiman. Karena itu, upaya normalisasi selokan air sangat diperlukan.

    Oleh karena itu, Ketua Fraksi PAN dan Demokrat DPRD Kota Palangka Raya, Bheta Syailendra menghimbau kepada masyarakat Kota Palangka Raya agar secara partisipatif menormalisasi selokan dilingkungan pemukiman masing-masing.

    “Mencegah saluran drainase tersumbat sampah diharpkan masyarakat secara gotong royong membersihkan selokan,” pinta pria yang akrap disaapa Beta, dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (19/11/2018) siang.

    Ketua DPD PAN Kota Palangka Raya ini menambahkan, lingkungan yang bersih mencegah berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti pembawa penyakit DBD serta virus yang menjadi penyebab utama diare.

    “Akibat lingkungan tidak bersih pada musim hujan, penyebaran penyakit DBD dan Diare juga meningkat. Oleh karena itu diharapkan warga secara gotong royong membersihkan lingkungannya masing-masing,” ucapnya berharap.

    (gra/britasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)