Dinsos Seruyan Fasilitasi Pembentukan Sepuluh Kube di Pesisir Sungai Bakau

    Editor: A Uga Gara

    KUALA PEMBUANG-Guna mengurangi tingginya angka pengangguran di wilayah Pesisir Seruya, Dinas Sosial Seruyan rencananya akan membentuk Kelompok Usaha Bersama (Kube) di wilayah itu.

    “Kemarin kita melakukan sosialisasi tentang Kube di Desa Sungai Bakau yang berbeda didaerah pesisir untuk membentuk Kelompok Usaha,” kata Kepala Seksi Bantuan Stimulan dan Penataan Lingkungan Dinsos Seruyan, Eka Murni di Kuala Pembuang, Jumat (30/11/18).

    Ia menjelaskan saat ini pihaknya memfokuskan program di bagian Pesisir Seruyan. Program ini ada tiga kriteria yaitu miskin pedesaan, perkotaan dan pesisir.

    “Kita fokuskan miskin pesisir dulu, di pesisir desa Sungai Undang enam kelompok, Sungai Bakau tiga kelompok, Pematang Limau tiga kelompok, dan Sigintung satu, rencana usulan menjadi sepuluh kelompok,” rincinya.

    Ia juga mengatakan, satu kelompok nanti berjumlah 10 orang yang akan diberikan oleh Kemensos modal sebesar Rp 20 juta per kelompok yang mana program kegiatannya diusulkan dan dijalankan oleh kelompok itu sendiri.

    “Jadi, program usahanya nya kelompok itu sendiri yang bikin, dan uang Rp 20 juta yang diberikan langsung oleh Kemensos kerekening masing-masing kelompok,” tukasnya.

    Sedangkan peran pihaknya (Dinsos Seruyan, red) hanya mengarahkan Kube tersebut untuk menjalankan program yang mareka usulkan.

    Ia berharap, Kube nanti harus mengelola uang tersebut dengan sebaik-baiknnya dan apabila sudah menghasilkan keuntungan, keuntungan tersebut kemudian dibagi ke anggota kelompok atau untuk menambah modal usaha.

    “Misalnya satu juta keuntungan itu baru bisa anggota Kube membaginya, yang penting uang Rp20 juta itu tidak berkurang,” jelasnya.

    (rdi/beritasampit.co.id)