Supian Hadi: “Amankan Natal dan Tahun Baru Karena Aktifitas Masyarakat Meningkat”

    SAMPIT – Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menjadi inspektur upacara apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru (Nataru) di Taman Kota Sampit, Jumat (21/12/2018) sore. Orang nomor satu di Bumi Habaring Hurung ini dalam sambutannya membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

    Pada kesempatan itu, Supian Hadi sebagaimana diketahui, menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun merupakan momen yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga, karena diiringi pula dengan penetapan libur nasional.

    Realitas itu memberikan dampak signifikan terhadap kehidupan bermasyarakat, seperti terjadinya peningkatan intensitas kegiatan masyarakat, mobilitas transportasi, serta peningkatan jumlah kebutuhan pokok khusunya bahan panga, sehingga kondisi memunculkan potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian kita semua.

    “Oleh karena itu seluruh pemangku kepentingan perlu melakukan konsolidasi bersama sembari mengecek kesiapan pengamanan, serta menyamakan persepsi agar pengamanan dapat berjalan dengan lancar, solidaritas dan sinergisitas yang baik di antara para pemangku kepentingan, menjadi salah satu kunci utama yang harus senantiasa diperlihara dan ditingkatkan,” kata Bupati Supian Hadi membacakan amanat Kapolri.

    Polri telah menginventarisir beberapa potensi kerawanan diantaranya kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, potensi aksi terorisme, sweeping ormas dan aksi intelerensi. Kecelakaan moda transportasi baik darat, laut maupun udara, ketersediaan dan stabilitas harga pangan, serta kemacetan dan kecelakaan lalulintas.

    “Peningkatan intensitas kegiatan masyarakat, akan memunculkan potensi kejantan konvensional seperti begal, premanisme maupun aksi street crimes seperti pencurian, pencopetan dan sebagaimananya. Upaya cipta kondisi seperti operasi zebra dan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan dengan sasaran kejahatan jalanan, premanisme, penertiban penyakit masyarakat miras dan petasan,” tutup Supian Hadi membacakan sambutan Jenderal Tito Karnavian.

    (im/beritasampit.co.id)