Kemenag Kalteng: Mengahadapi Pilpres dan Pileg Jaga Tolerasi Umat Beragama

    Editor: A Uga Gara

    SAMPIT-Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H Masrawan, mengapresiasi kegiatan Jalan Sehat Kerukunan Umat Beragama (KUB) yang dilaksanakan oleh Kemenag Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

    “Selaku kakanwil, saya melakukan kunjungan kebeberapa kabupaten dalam rangka menjalin kerukunan, agar kebersamaan antar umat beragama di Kalteng tetap terpelihara,” katanya, Minggu (30/12/2018).

    “Alhamdulilah, semua umat beragama ikut hadir dalam jalan sehat ini dan terbukti masyarakat di Kotim dalam kebersamaan umat beragama terjalin harmonis, rukun dan damai,” ucapnya menimpali.

    Jalan Sehat KUB, lanjutnya, bertujuan untuk meningkatkan silaturrahim dan menumbuhkan semangat kebersamaan, bukan saja di lingkungan Kemenag, tapi juga di kalangan umat beragama di Kalteng, umumnya dan Kotim khususnya.

    “Disini terlihat semua yang hadir dapat saling mengenal satu sama lain. Ini membuktikan bahwa warga Kotim walaupun majemuk tapi tetap rukun dan damai. Semoga silaturrahmi ini tetap terjaga dan terus berlanjut,” ujarnya.

    Dirinya berharap, keharmonisan umat beragama ini tetap terjaga, semakin erat dan ditingkatkan. Terlebih di tahun pada tahun politik menjelang pesta demokrasi 2019.

    Kakanwil Kemenag Kalteng juga berpesan kepada masyarakat Kalteng, khususnya Kotim agar bijaksana dan berhati-hati dalam menerima berita maupun informasi, terlebih di media sosial.

    Diharapkan dengan dialog antar umat beragama, dapat merajut persaudaraan dan terjalin hubungan yang lebih harmonis antara agama yang berbeda, sehingga toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Kotim tetap terjaga dan terpelihara dengan baik.

    Dia mengingatkan, dalam menelaah informasi harus sabar. Dengan kesabaran itu maka kerukunan umat beragama akan terpeliharan dengan baik. Terlebih sebentar lagi kita mengahadapi pesta demokrasi pilpres dan pileg.

    “Oleh karena itu, Kementerian Agama harus menjadi yang terdepan untuk mengayomi dan mengajak masyarakat dari semua kalangan untuk hidup berdampingan, rukun dan damai, dalam semangat kebersamaan meski berbeda pilihan nantinya” pungkasnya.

    (jun/beritasampit.ci id)