Setelah Dilantik jadi Rektor UMP, Ini Target Dr Sonedi Hingga 2023 Mendatang

    Editor: A Uga Gara

    PALANGKA RAYA-Dr Sonedi resmi menjabat Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) untuk masa periode 2019-2023.

    Sonedi dilantik, Sabtu (11/1/2019) menggantikan pejabat lama Dr H Bulkani Mpd, yang sudah dua periode menjabat Rektor UMP.

    Pelantikan Mantan Pembantu Rektor Bidang Akademik disaksikan langsung Ketua Majelis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah, Prof Dr Lincolin Arsyad.

    Dr Sonedi yang baru saja dilantik menargetkan perguruan tinggi yang dipimpinnya akan terakreditasi A.

    “Saat ini akreditasi institusi UM Palangka Raya masuk kategori B. Sesuai pakta integritas dan kontrak kerja yang telah saya tandatangani, maka sampai akhir masa jabatan Rektor, maka UMP harus terakreditasi A,” katanya.

    Menurut Sonedi, UMP memiliki 17 jurusan. Dari 17 jurusan tersebut, baru 11 jurusan yang terakreditasi B, sedangkan sisanya masih ada yang C dalam proses akreditasi maupun reakreditasi.

    Selain peningkatan akreditasi universitas dan jurusan, program kerja Sonedi juga berorientasi pada peningkatan sumber daya manusia(SDM).

    Peningkatan kualitas SDM itu meliputi para dosen, pegawai maupun lulusan UM Palangka Raya.

    “Dengan berbagai cara, nantinya kita akan meningkatkan kemampuan para dosen maupun pegawai. Bagi yang S2 akan diupayakan melanjutkan jenjang S3. Begitu juga selanjutnya. Hingga 2.022 nanti saya juga menargetkan UMP memiliki empat guru besar,” katanya.

    Sonedi pun mengaku siap bekerja sama dengan pemerintah daerah di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai bentuk keterlibatan universitas dalam pembangunan dan pengabdian terhadap masyarakat.

    (aul/beritasampit.co.id)