Bupati Seruyan Resmikan Agrowisata dan Sentra IKM Desa Bangun Harja

    Editor: A Uga Gara

    KUALA PEMBUANG – Pemerintah Kabupaten Seruyan meresmikan Agrowisata dan Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) di Desa Bangun Harja, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Selasa(15/1/19).

    Tempat tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Seruyan Yulhaidir didampingi Istri dan Wakil Bupati Seruyan Iswanti.

    Selain itu hadir Anggota DPR RI Komisi V Rahmat Nasution Hamka, Sekretaris Daerah Seruyan Haryono, Ketua DPRD Seruyan Ahmad Ruswandi, Para Kapala Dinas, Polres Seruyan, Kejaksaan Negeri Seruyan dan tokoh masyarakat.

    Kapala Desa Bangun Harja Mahmud Hasani mengucapakan terimakasih atas penempatan bangunan Agrowisata Desa dan Sentra IKM.

    Sehingga desa yang dipimpinnya tersebut dipilih sebagai pusat Agrowisata dan Sentra Industri Kecil Menengah yang dana pembangunannya bersumber dari APBN melalui Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

    “Sebagai Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) yang sudah terbangun di desa Bangun Harja. Saat ini gedung produksinya sudah dimanfaatkan untuk jajanan lokal berbahan baku lokal terutama Pisang Kepok. Seperti Abon Jantung Pisang, Kerupuk kulit pisang, kerupuk ares/bongkol pisang,” katanya.

    Sementara Bupati Seruyan Yulhaidir mengatakan dalam sambutannya pemerintah pusat tidak henti-hentinya memberikan suntikan dana untuk pembangunan didaerah-daerah contoh pembangunan agrowisata yang diresmikan sekarang di desa Bangun Harja.

    “Semua itu tidak mudah untuk mendapatkan dana tersebut, tetapi berkat dengan adanya kerjasama antara KEMENDES PDT dan Transmigrasi Pusat serta dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Seruyan. Sehingga dana tersebut mengalir untuk Seruyan.

    Ia berharap Inovasi dan kreatifitas dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ini, dapat menjadi motivasi bagi SOPD yang berada di Seruyan dan semoga dangan adanya agrowisata dan IKM ini dapat menjadi nilai tambah serta peningkatan penghasilan bagi masyarakat desa Bangun Harja.

    (rdi/beritasampit.co.id)