Tahun 2019 Sebanyak 1.432 Desa Se Kalteng Akan Terima Kucuran Dana 1 Triliun Lebih

863
Keterangan Foto : Aul Bs/ - Hamka, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalteng

Editor : Maulana Kawit

PALANGKA RAYA – Pembangunan Desa tetap menjadi prioritas Pemerintah Pusat maupun Daerah untuk tahun 2019 sebanyak 1,3 Trliliun lebih yang akan dibagikan untuk 1.432 Desa yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng).

Hal inilah yang disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Provinsi Kalteng, Hamka saat ditemui Berita Sampit.co.Id di ruang kerjanya. Kamis ,17/01/2019.

Penyaluran dana akan di bagi dalam tiga tahap, sedangkan infrastruktur masih menjadi priotas pembangunan desa, namun pemberdayaan perekonomian seperti Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) juga di dorong lebih produktif.

Baca Juga:   Jelang Ramadhan, TPID Kalteng Antisipasi Inflasi Tinggi

“Tentunya ini juga harus menjadi tugas semua pihak untuk mengawasi pemanfaatan dana yang disalurkan, kalau ada temuan penyewelengan dana segera laporkan kepada pihak yang berwenang,” tutur Hamka.

Selain itu peningkatkan kapasitas aparatur desa juga sangat penting, pasalnya diera serba digital kecepatan dan keahlian di bidang tertentu menjadi salah satu kriteria yang diperlukan saat ini.

“Sesuai dengan peraturan minimal Pendidikan Kepala Desa adalah SLTP tapi kalau bisa SLTA atau Sarjana, karena dana yang akan di kelola sangat banyak jadi butuh tingkat pendidikan dan wawasan yang cukup agar tidak terjebak dan malah melakukan tindakan yang melanggar hukum,” pungkasnya.

Baca Juga:   Wah...SHD Blusukan ke Desa-Desa di Kecamatan Cempaga

(Aul/beritasampit.co.id)