Pemkab Sukamara Siap Sayembarakan Desain Batik Khas

    Editor: A Uga Gara

    SUKAMARA –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat akan menggelar sayembara desain motif batik. Desain motif batik tersebut nantinya akan menjadi motif batik khas Kabupaten Bumi Gawi Barinjam.

    Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukamara, Sugiyo mengatakan bahwa pelaksanaan sayembara akan digelar pada Bulan februari 2019 mendatang.

    “Sesuai dengan hasil koordinasi oleh dinas dengan pimpinan maka rencana akan digelar bulan depan, hasil sayembara akan dipatenkan dengan Peraturan Daerah (Perda) sebagai batik khas Sukamara,” kata Suyigo, Senin (28/1/2019).

    Saat sayembara desain motif batik khas Sukamara panitia akan menentukan beberapa orang juara, dan motif batik yang terpilih nanti selain sebagai batik khas Sukamara juga akan digunakan untuk pakaian dinas dipemerintahan Kabupaten Sukamara.

    “Selain itu juga dari beberapa desain motif yang terpilih sebagai juara juga akan dipakai sebagai motif batik khas Sukamara untuk pakaian seragam anak-anak sekolah atau lainnya, jadi motif yang diambil bisa dari juara 2 atau juara 3,” ujar Sugiyo.

    Untuk pelaksanaan lomba atau sayembara desain motif batik khas Sukamara ini panitia akan mendatangkan beberapa orang juri dari luar daerah dan ditambah dengan juri dari Kabupaten Sukamara yang berasal dari tokoh masyarakat atau yang lainnya.

    “Panitia juga membuka lomba atau sayembara desain batik ini untuk masyarakat umum,” tukas Sugiyo.

    (enn/beritasampit.co.id)