Tumbuhkan Rasa Gotong Royong, PKK Kobar Pilih Cara Ini?

    Editor: Maulana Kawit

    PANGKALAN BUN – Dalam rangka menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan halaman pekarangan, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kotawaringin Barat membangun demplot percontohan untuk pengembangan hatinya PKK.

    Demplot itu berada di desa Karang Anyar Kecamatan Arut Selatan. Ketua TP PKK Kobar Mina Irawati Ahmadi Riansyah mengatakan bahwa ini merupakan suatu gerakan masyarakat yang implementasinya dengan memanfaatkan halaman di sekitar rumah yang ditanam dengan tanaman pangan dan tanaman produktif atau memilki nilai ekonomi tinggi.

    “Hatinya PKK ini bisa di tanam jenis tanaman minimal untuk memenuhi keperluan dan tabungan keluarga, selain itu juga hatinya PKK juga bisa di tanam dengan Tanaman Obat Keluarga (Toga),” kata Mina Irawati Ahmadi Riansyah melalui telepon seluler.

    Istri Wakil Bupati Kobar ini juga lebih lanjut menjelaskan tentang gerakan ini yang salah satunya menanam buang hias yang fungsinya untuk keindahan dan kenyamanan rumah. Sehingga baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat juga sebagai cinta terhadap lingkungan.

    “Apalagi Kobar sebagai Kota Adipura karena selama 12 tahun berturut turut berhasil meraih penghargaan Adipura sebagai kota kecil terbersih di Indonesia, melalui hatinya PKK ini lah kami mengajak masyarakat untuk menciptakan rumah yang nyaman dan indah dengan menanam tanaman hias yang tidak selalu mahal, yang penting rumah kita terlihat teduh,” tambah Irawati.

    Dirinya berharap dengan dibangunnya demplot percontohan hatinya PKK dapat ditiru bagi TP PKK desa yang ingin mengembangkan hatinya PKK di desa.

    “Kami berharap dengan adanya demplot ini bisa merangsang masyarakat untuk menjadikan pekarangan rumahnya menciptakan hatinya PKK, untuk itu kita bangun demplot ini,” ujarnya.

    Menurutnya kegiatan ini juga bisa menghidupkan kembali budaya gotong royong antar masyarakat desa.

    “Saat ini gotong royong itu makin terkikis karena jaman, untuk itu melalui hatinya PKK inilah kita mampu membangkitkan kembali semangat gotong royong, melalui gotong royong akan terus terjalin silaturahmi dan meringankan sesuatu yang berat di selesiakan secara Bersama sama,” ucap Istri Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah.

    (Man/Beritasampit.co.id).