Direktur Walhi Dipastikan Jadi Panelis Debat Kedua Pilpres

    JAKARTA – Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Nur Hidayati dipastikan menjadi satu dari delapan panelis debat kedua pilpres.

    “Beberapa sudah fix seperti direktur Walhi sudah fix, sampai saat ini saya belum tau update-nya lagi,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/1/2019).

    Ilham mengatakan, selain Nur Hidayati, ada sejumlah nama lain yang sudah dipastikan menjadi panelis debat kedua. Mereka berasal dari kalangan ahli dan akademisi.

    Nama-nama panelis, kata Ilham, menyesuaikan dengan tema debat.

    “Pakar energi, pakar pangan, pakar infrastruktur. Karena memang temanya itu, nah itu sedang kita siapkan,” ujar Ilham.

    Sebelumnya, KPU melakukan penelusuran rekam jejak calon panelis debat kedua pilpres.

    Proses ini untuk memastikan panelis memenuhi syarat yang ditetapkan KPU.

    “Jadi nama-nama panelis sudah kita susun, hanya sedang kita melakukan tracking untuk memastikan panelis tersebut memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Komisioner Wahyu Setiawan di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (28/1/2019).

    Debat kedua pilpres akan digelar Minggu (17/2/2019). Peserta debat adalah calon presiden. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

    Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.

    Sumber: kompas.com