Tingkatkan SDM di Bidang Pelayaran, Pemkab Kobar Teken MoU Bersama PIP Semarang

356
Bupati Kobar Hj Nurhidayah, saat menerima Cindera Mata Direktur PIP Semarang H Irwan.

Editor : Maulana Kawit

PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menjalin kerjasama terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) perhubungan laut dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah, mewakili kabupaten Kobar dan direktur PIP Semarang H Irwan.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Chanti, Semarang pada Kamis (7/2/2019) ini, hadir juga Ketua DPRD Kobar dan Asisten Pemerintahan serta Kesra Setda Kobar, Kepala Dishub beserta pejabat struktural terkait, seperti kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala BKPP, Kepala BAPPEDA, kepala KSOP Kumai, serta beberapa pejabat terkait lainnya.

Baca Juga:   Piala Dr. H. Rahmat N Hamka, SH. MSi Bakal Diperebutkan Oleh “Burung Berkicau”

Hj Nurhidayah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terjalinnya kerjasama ini. Hal ini menindaklanjuti kegiatan diklat pemberdayaan masyarakat yakni basic safety training bagi para pelaku tranportasi, baik juru mudi kapal, kru kapal layar motor , maupun para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di bidang ini sebanyak 3 angkatan dengan jumlah total peserta sebanyak 1.100 orang se Kabupaten Kobar.

“Kedepan tim dari PIP Semarang juga akan datang ke Kobar dengan tujuan untuk menginventarisir kebutuhan diadakannya berbagai pelatihan serupa. Selain itu Pemkab Kobar juga mengirim siswa-siswi SMKN 3 Kumai untuk mengikuti diklat pelayaran di PIP Semarang,” kata Bupati.

Baca Juga:   4 ASN Sudah di Pangkalan Bun DalamKeadaannya Sehat Wal’afiat

Bupati juga mengatakan, bahwa kerjasama ini merupakan wujud dari upaya pemerintah daerah di dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik di sektor perhubungan maupun pendidikan.

“Kita berharap kerjasama ini mampu memberikan kontribusi lebih di dalam upaya peningkatan sumber daya manusia khususnya di bidang perhubungan laut, tidak hanya itu, para siswa-siswi jurusan pelayaran yang berprestasi juga nantinya bisa meneruskan jenjang pendidikannya di PIP Semarang, dengan demikian akan tercipta tenaga-tenaga terdidik dan berkualitas di bidang transportasi perhubungan,” beber Hj Nurhidayah, yang direlease Ribut Kasubag Pemberitaan Setda Kabupaten Kobar, Kamis malam (7/2/2019) dari Semarang.

(Man/Beritasampit.co.id)