UPR Diharapkan Cetak Sarjana yang Berkualitas dan Kompetitif

    Editor : Maulana Kawit

    PALANGKA RAYA – Rektor UPR (Universitas Palangka Raya), Dr Andri Elia mengatakan bahwa membangun SDM khususnya bidang pendidikan. Perlu ada perhatian adanya peran serta dari setiap stakeholder. Selain itu Payung hukum untuk meningkatkan kualitas pendidikan harus ada guna mencetak insan yang berkualitas dari segi pendidikan.

    Hal tersebut dia sampaikan usai acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (MoU) antara UPR dengan Bank Kalteng, DAD Kalteng, Kajati Kalteng dan Kanwil Kemenkumham Kalteng dalam rangka Kerjasama Dalam Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan pada Kamis (7/2/2019) di Aula Rahan komplek kampus UPR.

    “Setiap kegiatan civitas akademik hendaknya tinggal menjabarkannya dalam bentuk kerjasama dengan instansi khususnya pemerintah dan instansi vertikal. Tentunya juga tanpa meninggalkan budaya lokal dan nasional serta budaya Indonesia khususnya dalam bidang pendidikan,” ucap Andrie.

    Sementara itu Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri dalam sambutannya mengatakan bahwa kampus UPR harus menjalin kerjasama dengan lembaga seperti misalnya dengan bank Kalteng yang merupakan bank milik daerah.

    Selain itu kerjasama dengan DAD Kalteng harapannya akan melibatkan unsur-unsur daerah dimana nanti ada karakteristik yang diajarkan di perguruan tinggi sehingga generasi muda paham adat istiadat budaya daerah.

    Lanjut Fahrizal begitupun juga kerjasama UPR dengan instansi lain agar ilmu yang didapat di kampus dapat diimplementasikan di lapangan. Industri 4.0 tantangan menyiapkan alumni perguruan tinggi bisa bersaing di era tersebut.

    Dunia pendidikan khususnya perguruan tinggiadalah sektor untuk mencetak sarjana yang akan menekuni bidang misalkan pertambangan, perkebunan dan pertanian. Dunia pendidikan menciptakan orangnya dan dapat beradaptasi dalam dunia kerja.

    “Kami berharap besar dengan UPR karena kampus tertua dan diharapkan menjadi tempat pencetak generasi yang lebih baik di Kalimantan Tengah. Program yang diharapkan dapat meningkatkan IPM provinsi Kalteng, selain itu pengabdian kepada masyarakat melalui LPPM. Suatu saat Pemprov akan merencanakan kerjasama dengan UPR dimasa yang akan datang,” tutup Fahrizal.

    (apr/beritasampit.co.id)