Lihat Langsung Orangutan di TNTP, Para Pelajar Ini Kegirangan

    Editor: Irfan

    PANGKALAN BUN – Sebanyak 160 pelajar SD, SMP dan SMA berekreasi dengan mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang berlokasi di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

    Mereka berkunjung ke obyek wisata yang dikenal dunia dengan hewan primata orangutan itu di dampingi guru dan orangtua pelajar.

    Presiden Orangutan International (OFI) Prof Dr Birute Mary Galdikas, melalui Asietannya Dorprawati Siburian SH mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka kegiatan merayakan Hari Primata Indonesia 2019.

    “Kegiatan dilaksanakan Minggu pagi, bersyukur selama diperjalanan saat di lokasi taman nasional acara berjalan tertib dan aman, serta seluruh peserta kembali selamat sampai rumahnya masing-masing,” ujar Dorprawati,m saat dibincangi beritasampit.co.id, Senin (11/2/2019).

    Menurutnya, dalam kunjungan saat itu diikuti sebanyak 160 peserta terdiri dari pelajar SD, SMP dan SMA yang didampingi sejumlah guru serta orangtua muridnya.

    Mereka yang berkunjung itu, lanjut Dorprawati, semunya belum pernah berkunjung ke TNTP untuk melihat langsung orangutan di habitatnya.

    “Dalam perjalanan menuju Pondok Tanggui kami melihat orangutan di atas Pohon tinggi, anak-anak sekolah berteriak kegirangan dan suka cita serta tepuk tangan karena dapat melihat langsung orangutan di habitatnya,” ungkapnya.

    Para pelajar yang berkunjung ke TNTP antara lain SDN 1 Kumpai Batu Bawah, SDN 1 Kumpai Batu Atas SDN 1 Tanjung Terantang SDN 5, Raja SDN 4 Madurejo, SDN 3 Sidorejo, SDN 5 Mendawai, SMP Atap 1 Arsel, SMAN 1 Kumai, SMAN 2 Kumai, SMKN 2 Kumai, SMK BIM, SMK Harapan.

    Dorprawati membeberkan, para pelajar yang berkunjung dan melihat langsung orangutan dihabitatnya kemarin, dalam hal biaya sebagian ada yang patungan.

    “Alangkah baiknya kalau Dinas Pariwisata Kabupaten Kobar setiap tahun menyelanggarakan wisata gratis kepada pelajar untuk berkunjung ke TNTP, karena TNTP selain telah menjadi aset wisata lokal dan dunia juga telah banyak memberikan manfaat untuk perekonomian masyarakat Kobar,” tukas Dorprawati.

    (man/beritasampit.co.id)