CEGAH KARHUTLA ! Kapolsek Katingan Hulu Beri Pembekalan Pembinaan Masyarakat Peduli Api

    Editor : Maulana Kawit

    KASONGAN – Pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) merupakan kebijakan prioritas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Hal ini dikarenakan Karhutla di Indonesia diperkirakan akan terus terjadi di masa mendatang, untuk itu diperlukan pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

    Melalui pembinaan Masyarakat Peduli Api (MPA), Kapolres Katingam AKBP Elieser Dharma Bahagia Ginting, S I K melalui Kapolsek Katingan Hulu Ipda Teguh Widodo berkesempatan memberikan pembekalan kepada para relawan MPA, di Aula Kantor Kecamatan Bukit Raya, Senin (18/2/2019).

    Pembinaan Masyarakat Peduli Api yang digagas oleh BPBD Kabupaten Katingan berkordinasi dengan Camat Bukit Raya tersebut, juga disampaikan tentang
    tentang penegakan hukum karhutla dan bagaimana solusi mengatisipasi Karhutla.

    Pasalnya, menurut Teguh Widodo kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kesadararan masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran dan melaksanakan kegiatan pencegahan Karhutla di bawah organisasi Masyarakat Peduli Api.

    “Karena peran serta masyarakat sangat perlu ditingkatkan dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Sebab, berdasarkan data hot spot 2018 seluruh titik api yang ada di Kecamatan Katingan Hulu dan Bukit Raya 100 % adalah dari kegiatan berladang untuk menamam padi,” terang Kapolsek Teguh Widodo melalui Kasubbag Humas Polres Katingan AKP Volvy Apriana melalui lirisnya, Selasa (29/2/2019).

    (ar/beritasampit.co.id)