Dewan Ajak Peduli Sampah

    KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan mengajak kepada seluruh kalangan masyarakat untuk peduli terhadap sampah, agar lingkungan hidup tetap terjaga dengan bersih dan sehat. Hal ini dikatakan Wakil Ketua II DPRD Seruyan, M. Erwin Toha kepada wartawan, di sela-sela kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN),kemarin di Dermaga KP3 Kuala Pembuang.

    Menurutnya, dengan adanya kepedulian terhadap sampah ini, maka diharapkan lingkungan tetap bersih dan sehat, sehingga terbebas dari berbagai macam penyakit, salah satunya penyakit demam berdarah. “Budayakan hidup bersih dan sehat dengan melakukan gotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya,” ucapnya,(27/2/2019).

    Dikatakannya, dengan melaksanakan program pengelolaan sampah dengan baik adalah hal yang sangat penting sesuai dengan amanat Undang-Undang Tahun 32 Tahun 2009 serta Undang-Undang Tahun 18 Tahun 2008 guna mewujudkan lingkungan yang baik dan sehat bagi masyarakat.

    Yangmana, pengelolaan sampah harus dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar meberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan serta dapat mendukung terbentuknya perilaku masyarakat berwawasan lingkungan.

    “Hal yang perlu menjadi perhatian, terutama berkenaan dengan perlunya peningkatan kesadaran kolektif dan optimisme bersama dari seluruh pemangku kepentingan, perlunya mewujudkan gerakan kolaborasi, kerja bersama pengelolaan sampah antar pemangku kepentingan serta mendorong dan memfasilitasi pengembangan manfaat hasil pengelolaan sampah,” terangnya.

    Pada kesempatan itu dirinya juga mengharapkan agar pihak Pemda setempat bersama-sama dengan jajarannya, dan lingkup Pemerintah Kabupaten Seruyan benar-benar tegas terhadap masalah sampah dan menginstruksikan kepada seluruh staf untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan kerja masing-masing.

    (sti/beritasampit.co.id)