Pemprov Kalteng Berencana Bangun Rumah Sakit Tipe A

    Editor: A Uga Gara

    PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berencana akan membangun Rumah Sakit Tipe A. Hal tersebut disampaikan oleh Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri di Palangka Raya, Jumat (8/3/2019).

    “Rencana pembangunan rumah sakit tipe A khususnya di Kalimantan Tengah akan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU)” ucap Fahrizal Fitri.

    Lanjut Fahrizal bahwa salah satu alasan kenapa pemerintah menggunakan skema KPBU adalah karena estimasi dana untuk pembangunan rumah sakit tersebut menelan biaya yang tidak sedikit. Butuh sekitar dana sekitar Rp. 800 miliar sampai Rp. 1 triliun.

    Menurut Fahrizal bahwa jika dana pembangunan rumah sakit tersebut dibebankan kepada APBD maka pembangunan di bidang lainnya akan terganggu. Sehingga dengan skema KPBU nanti akan masuk dalam program Bappenas dan lelang pekerjaan tersebut juga dibawahi Bappenas.

    Dengan adanya pembangunan tersebut menurutnya Fahrizal sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat khususnya di Kalimantan Tengah serta nantinya rumah sakit tersebut dapat dijadikan rujukan untuk wilayah tidak hanya Kalteng namun Kalimantan.

    Sementara itu Anggota DPRD Provinsi Kalteng, H. Asera kepada awak media mengatakan bahwa pihaknya mendukung pembangunan rumah sakit tipe A di Kalimantan Tengah.

    “Dengan adanya rencana pembangunan rumah sakit tipe A adalah untuk menunjang rencana pemindahan ibu Kota Republik Indonesia ke Kalimantan Tengah” ucap Asera.

    (apr/beritasampit.co.id)