Ini Kabar Terbaru Pembentukan Kabupaten Kotara dan Kapuas Ngaju?

    Editor: Irfan

    PALANGKA RAYA – Terkait usulan pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Kotawaringin Utara (Kotara) dan Kapuas Ngaju telah mendapat kejelasan. Hal tersebut diketahui dari usulan yang telah disampaikan Pemerintah Provinsi Kalteng, sekarang sudah masuk dalam jadwal pembahasan di Komisi II DPR RI.

    Ketua Komisi A DPRD Kalteng Yohanes Freddy Ering saat diwawancarai awak media mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan kunjungan kerja ke luar daerah yakni ke Komisi II DPR RI dan Kemendagri.

    “Dalam kunjungan tersebut kami dari Komisi A telah menemui Komisi II DPR RI terkait penyusunan daftar pembahasan usulan DOB agar memasukkan dan memprioritaskan usulan DOB di Kalimantan Tengah yaitu Kotim Utara dan Kapuas Ngaju. Dan hal tersebut direspon langsung oleh Komisi II,” terangnya, Selasa (12/3/2019).

    Lanjut Freddy, pihaknya sangat mendorong agar kedua DOB ini dapat diprioritaskan pembahasannya di DPR RI. Karena terkait usulan dua daerah ini sudah sangat memenuhi persyaratan serta dirasakan sangat urgen (penting dan mendesak) mengingat tuntutan pelayanan kepada masyarakat.

    Masih kata dia, terlepas masih berlakunya penghentian sementara (moratorium) oleh pemerintah tentang pemekaran daerah, Komisi A DPRD Kalteng mendorong Komisi II DPR RI agar tetap merespon dan menindaklanjuti aspirasi daerah tersebut terkait usulan pemekaran khususnya termasuk Kalimantan Tengah.

    “Dilain pihak Komisi A juga menyayangkan bahwa tidak adanya Anggota DPR RI dari Kalteng yang masuk Komisi II, sehingga sulit untuk mengawal kepentingan yang berasal dari daerah khususnya Kalimantan Tengah,” kata Freddy.

    Tambahnya, dalam kunjungan ke Kemendagri kemarin diarahkan agar daerah pengusul dalam hal ini Pemprov, Pemkab maupun Badan atau Panitia pembentukan agar melakukan update data administratif maupun teknis. “Hal itu agar pada saatnya dieavaluasi maka datanya sudah lengkap dan akurat,” pungkasnya.

    Sebagai informasi bahwa di Kalteng saat ini ada dua usulan yang sudah disetujui DPRD dan Pemprov Kalteng, diantaranya Kotara merupakan usulan DOB dari Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Kapuas Ngaju yakni merupakan usulan pemekaran dari Kabupaten Kapuas. Sementara yang saat ini masih berproses di DPRD Kalteng ada DOB Rungan Manuhing (Ruma) dari Kabupaten Gunung Mas (Gumas).

    (apr/beritasampit.co.id)