Tanamkan Disiplin, Babinsa Latih Baris-berbaris Pelajar SD

    Editor: A Uga Gara

    KUALA KAPUAS-Untuk meningkatkan semangat belajar dan disiplin kepada Anggota Pramuka, SDN 2 Saka Mangkahai Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas menggandeng Kodim 1011/KLK melatih kedisiplinan dan baris-berbaris yang berlangsung di halaman sekolah setempat, Selasa (12/3/2019).

    Dalam kegiatan pelatihan peraturan baris berbaris dan kedisiplinan bagi siswa – siswi Pramuka SDN 2 Saka Mangkahai diisi dari pihak Koramil 1011-07/Mandomai, dengan pelatih Kopda Abdurrahim.

    Menurut Kopda Abdurrahim, kegiatan pelatihan baris – berbaris menjadi upaya agar para siswa memiliki rasa kebangsaan. Diharapkan juga, dengan mengetahui baris-berbaris dapat tertanam disiplin yang tinggi serta bertambahnya pengetahuan tentang wawasan kebangsaan guna menanamkan rasa cinta tanah air.

    ”Dengan pelatihan baris – berbaris ini, diharapkan dapat membentuk suatu watak yang bagus dan pribadi yang disiplin,” kata Kopda Abdurrahim.

    Secara terpisah Dandim 1011/Klk Letkol Bambang Kristianto menyampaikan, dalam rangka Pembentukan karakter dan kepribadian seseorang harus dimulai sejak dini. Sehingga diharapkan kelak mempunyai sifat disiplin dan bertanggung jawab yang tinggi.

    Sementara itu, Salah satu Guru setempat berharap, dengan diadakannya latihan baris berbaris yang dilakukan para siswa – siswi Pramuka agar memiliki sikap dan disiplin yang baik nantinya. “Kami sangat senang dan bangga karena mendapat pelatihan langsung oleh Bapak TNI,” ujar Guru SDN 2 Saka Mangkahai.

    Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para siswa – siswi dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah dan di rumah bahkan dalam pergaulan sesama teman. Latihan ini juga dilaksanakan melalui praktek dan teori yang dilakukan secara perorangan maupun kelompok.

    “Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan kali itu merupakan secara tidak langsung untuk memberikan latihan fisik agar tetap terjaga dan prima,” pungkas Kopda Abdurrahim.

    (rls/beritasampit.co.id)