Tingkatkan Literasi, Balai Bahasa Kalteng Datangkan Penulis Nasional ke Sukamara

503
BERI BUKU : ENN/BS - Balai Bahasa Kalteng memberikan buku ke Pos Polisi Air Polres Sukamara.

Editor: Irfan

SUKAMARA – Dalam upaya meningkatkan literasi di Kabupaten Sukamara. Balai Bahasa Kalimantan Tengah bersama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip (DKP) Sukamara mendatangkan sastrawan dan penulis nasional Gol. A. Gong.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari tour Kalimantan dalam rangka lingkar sastra Remaja Kalimantan.

Kepala Bidang Perpustakaan DKP Sukamara Siti Arbaitus Sa’diyah mengatakan, bahwa dengan kunjungan penulis nasional ke Sukamara dapat meningkatkan literasi di Bumi Gawi Barinjam.

“Karena ini berkaitan dengan menulis kami berharap dapat menciptakan dan meningkatkan literasi lain lokal maupun nasional,” katanya, Jumat (15/3/2019).

Baca Juga:   Windu Subagio: "Bidang Kesehatan Garda Terdepan Penyiapan Generasi Berkualitas"

Dalam kunjungan tersebut juga dibahas terkait teknik menulis yang langsung dijelaskan oleh penulis nasional Gol. A. Gong.

Sementara itu, I Wayan Tama dari Balai Bahasa Kalteng mengatakan, bahwa kegiatan lingkar sastra remaja Kalimantan merupakan bentuk upaya untuk meningkatkan literasi di Bumi Tambun Bungai.

“Untuk membangkitkan minat baca dan minta tulis di Kalimantan Tengah kami selalu bekerjasama dengan penulis, kreator, sastrawan besar yang kami ajak berkeliling ke daerah-daerah,” kata I Wayan Tama.

Pihaknya berharap dengan kedatangan penulis nasional Gol. A. Gong dapat mengubah pola pikir dan budaya lisan menjadi budaya tulis.

Baca Juga:   Membahayakan, Ujung Jalan Margasari Berlubang Panjang

“Sehingga nantinya kita menjadi bangsa yang besar dan siap bersaing dari segi literasi, karena bangsa yang akan memenangi persaingan adalah bangsa yang literasinya tinggi,” tukas I wayan tama.

(enn/beritasampit.co.id)