KPU Katingan Tekankan 3 Materi Pokok Sukseskan Pemilu 2019

    KASONGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan menekankan pentingnya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk menguasai 3 materi pokok dalam Pemilu 2019 mendatang.

    Komisioner KPU Katingan, Subandi menekankan bahwa 3 materi pokok yang wajib diketahui dan dikuasai itu meliputi Pemungutan Suara, Perhitungan Suara dan Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara (MUTUNGSURA).

    Demikian disampaikannya saat membuka bimbingan teknis pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi suara di tingkat PPK oleh KPU Katingan di aula hotel Citra Katingan, Rabu (20/3/2019)

    Menurutnya, kalau ketiga materi tersebut benar-benar dikuasai sampai ketingkat KPPS maka akan bisa menyelamatkan dan mensukseskan Pemilihan Umum tahun 2019 mendatang.

    “Pemilihan tahun ini cukup rumit dan perlu kecermatan dan kehati-hatian dalam menyelenggarakannya. Namun hal itu akan berjalan dengan baik apabila sudah mengetahui dan menguasai tentang mutungsura,” terangnya.

    Selain itu, ia juga mengingatkan kepada setiap penyelenggara pemilu agar terus mawas diri terhadap oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang sengaja ingin mengganggu lancarnya Pemilu 2019 mendatang.

    “Saat ini sudah banyak melalui media-media sosial yang ingin sengaja menyerang KPU, meragukan netralitas KPU dan sebagainya. Mari kita selamatkan tugas kita masing,'” terangnya.

    Maka dari itu ia mengingatkan sangat penting memahami tiga materi pokok tentang pemilu tersebut. “Kalo penanganan pemilu salah. Maka salah semua rangkaian pemilunya. Contoh seperti terabaikannya formulir C.7 (Daftar Hadir) maka akan berdampak pada sulitnya melakukan disingkronisasi data pemilih yang sudah menggunakan hak pilihnya,” terang Subandi yang juga anggota KAHMI Katingan ini.

    Apalagi tambahnya, para saksi dan Panwas dilapangan sudah difasilitasi oleh Bawaslu untuk dibimtek tentang proses Pemilu 2019. Artinya pihak penyelenggara harus lebih memperhatikan prosedural yang sudah ditetapkan.

    Salah satu peserta yang juga anggota PPK Katingan Kuala Muhammad Yusri.
    Salah satu peserta yang juga anggota PPK Katingan Kuala Muhammad Yusri.

    Ia berharap Pemilu 2019 mendatang penyelenggara pemilu benar-benar memperhatikan prosedural yang sudah dibuat oleh KPU seperti tercantum dalam Buku Juknis.

    (Maulana.Kawit/Beritasampit.co.id)