Unik, Kontes Ternak Sapi Warnai Hari Jadi Desa Natai Raya

    Editor: Akhiruddin

    PANGKALAN BUN – Kalau model cantik yang ikut kontes di sebuah perayaan hari jadi, mungkin hal yang biasa. Namun di Desa Natai Raya, Kecamatan Arut, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) justru membuat kontes yang diikuti oleh sapi ternak.

    Kontes sapi ternak ini digelar dalam rangka perayaan hari jadi Desa Natai Raya, Selasa 26 Maret 2019 yang digelar di Alun-Alun desa. Menariknya, kontes ini disaksikan oleh Bupati Kobar, Hj Nurhidayah.

    Dalam kontes panitia telah menyiapkan 5 kategori penilaian. Kontes ini diikuti para peternak sapi yang didominasi dari Desa Natai Raya.

    Hj Nurhidayah dalam sambutannya mengapresiasi gelaran kontes sapi tersebut. Dia berharap kontes serupa bisa dilaksanakan juga di desa-desa lain. Karena menurutnya, melalui Kontes Ternak, bisa mendorong penguatan kemandrian ekonomi.

    “Kontes ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi warga desa, khusunya para peternak sapi untuk lebih bersemangat lagi dalam mengembangbiakkan hewan ternaknya,” kata Hj Nurhidayah.

    Nurhidayah melanjutkan jika kesuksesan pengembangan hewan ternak juga menjadi salah satu indikator keberhasilan program integerasi sawit-sapi yang telah dicanangkan oleh Pemkab Kobar sebagai inovasi unggulan daerah dan sudah menjadi poryek percontohan di tingkat nasional.

    Dia juga berharap potensi di bidang peternakan ini mampu berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Dalam kesempatan ini, Hj Nurhidayah juga mengajak kepada semua yang hadir, khusunya para aparatur pemerintah desa, untuk terus memperhatikan perkembangan dan kemajuan wilayahnya masing-masing, seerta berpartisi pasi aktif dalam pembangunan desa. Hal ini dikarenakan pembangunan desa menjadi salah satu prioritas bagi pemerintahan.

    “Desa merupakan ujung tombak dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, pembangunan infrastruktur, konektivitas antar wilayah melalui pola konsorsium, serta proyek kerjasama dengan pihak swasta terus kitagencarkan untuk menguatkan peluang peningkatan perekonomian,” terang Bupati. (man/beritasampit.co.id)