Jelang Pemilu, Pengurusan KTP-el Meningkat

    Editor: Akhiruddin

    KUALA KURUN – Delapan hari jelang Pemilu Serentak 2019, antusiasme masyarakat Kabupaten Gunung Mas untuk mengurus administrasi kependudukan, terutama KTP-el terpantau cukup tinggi.

    Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Gunung Mas, Barthel membenarkan hal itu. Menurutnya, tingginya kesadaran masyarakat mengurus KTP-el sudah terjadi sejak bulan Februari hingga awal April saat ini.

    “Kebanyakan yang mengurus KTP-el berasal dari kalangan pemilih pemula atau para siswa yang saat ini sudah menginjak usia 17 tahun,” ungkapnya, Selasa (9/4/2019).

    Barthel menuturkan, fenomena serupa juga terjadi jelang Pilkada Kabupaten Gunung Mas tahun 2018 lalu. Dimana terjadi lonjakan kepengurusan KTP-el yang cukup tinggi di kantornya.

    “Mungkin hal ini dipengaruhi terkait hak politik mereka (masyarakat, Red) untuk memilih. Kami dari Dinas Dukcapil Gunung Mas merasa bangga atas tingginya kesadaran masyarakat mengurusi adminduknya,” ujar Barthel.

    Sebagai bentuk pelayanan prima, Dinas Dukcapil Gunung Mas telah menerjunkan para pegawainya di bidang pencatatan sipil dan pendaftaran penduduk untuk melakukan pelayanan jemput bola ke beberapa perusahaan dan desa.

    “Program jemput bola dengan mendatangi langsung masyarakat ini tidak terbatas sampai Pemilu 2019 saja, tapi memang agenda rutin yang kami lakukan sepanjang tahun,” ujarnya.

    Berdasarkan data terbaru, ujarnya, realisasi masyarakat wajib KTP-el di Kabupaten Gunung Mas sampai saat ini mencapai angka 89,87 persen.

    “Sekarang terealisasi hampir 80 persen dari keseluruhan jumlah penduduk wajib KTP. Ke depan kami akan terus berusaha agar semua penduduk mengantongi identitas wajib tersebut,” pungkasnya. (adn/beritasampit.co.id)