Lebih Awal, KPU Katingan Distribusi Logistik Pemilu ke Kecamatan Terjauh

    Editor: Akhiruddin

    KASONGAN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan Usman Sitepu mengatakan pihaknya sudah melakukan skenario untuk pemenuhan pendistribusian logistik Pemilu di 13 wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Katingan.

    Pendistribusian logistik tersebut, dilakukan pada hari pertama, Sabtu (13/4/2019) terlebih dulu ke wilayah kecamatan terjauh, seperti Marikit, Katingan Kuala, Bukit Raya, dan Mendawai. Pengiriman logistik tersebut serta dikawal ketat oleh Kepolisian dan TNI agar sampai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di setiap desa-desa.

    “Kemudian, pada Minggu 14 April, ada lima kecamatan lagi yang kita lakukan pendistribusian yang rencananya di Petak Malai, Sanaman mantikei, Katingan Tengah, Kamipang dan Tasik Payawan. Dan terakhir di 3 kecamatan yaitu Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan,” terang Ketua KPU Usman, kepada beritasampit.co.id, Sabtu (13/4/2019).

    Lalu, untuk katingan hilir pihaknya akan jadwalkan pendistribusiannya pada tanggal 15 april nanti. Dirinya berharap semua logistik ini bisa sampai nanti ke PPK masing-masing dan diharapkan nanti di masing-masing TPS satu hari pencoblosan bisa ke rekan-rekan KPPS di desa.

    Antisipasi kendala pendistribusi melalui jalur air dan darat, pihaknya sudah melakukan anstisipasi untuk daerah tersebut seperti jalur sungai terutama Kecamatan Mendawai dan Katingan Kuala serta kecamatan lainnya. Salah satu antisipasinya adalah kotak suara juga dibungkus dengan plastik.

    “Beberapa kecamatan yang sudah kita salurkan ke PPK dan diharapkan tiga hari sebelum pencoblosan itu bisa sampai ke masing-masing pemilih,” ujarnya.

    Perlu diketahui, untuk TPS di Kabupaten Katingan ada sebanyak 499, di tambah 8 TPS yang berbasikan DPTB atau Pemilih Tabahan yang berpusat di daerah -daerah perkebunan pertambangan. Sehingga total semua TPS sebanyak 507 ,dan Jumlah pemilihan DPTHP 2 dari data KPU Katingan ada sebanyak 113.267. (ar/beritasampit.co.id)