Tak Punya Ruangan Komputer, UNBK di SMPN 2 Kurun Gunakan Ruangan Guru

    Editor: Akhiruddin

    KUALA KURUN – Baru kali ini SMPN 2 Kurun melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Meskipun digelar dengan pelbagai kekurangan yang ada, namun pihak sekolah optimistis akan menyukseskan program nasional tersebut.

    Kepala SMPN 2 Kurun, Panji mengatakan, tahun sebelumnya peserta didik asal sekolahnya terpaksa menumpang fasilitas ke sekolah lain yang berada di Kota Kuala Kurun hanya untuk mengikuti UNBK.

    “Saat itu kami terpaksa menyewa mobil untuk mengangkut peserta, bayangkan berapa uang yang harus dikeluarkan. Belum lagi waktu, tenaga hingga risiko selama perjalanan,” ungkapnya, Senin (22/4/2019).

    Meskipun begitu, dirinya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gunung Mas yang tahun ini telah memberikan bantuan fasilitas, sehingga pihaknya dapat menggelar UNBK secara mandiri.

    “Tahun ini kita mendapat bantuan sebanyak 16 unit laptop beserta server dan perangkatnya. Dihari pertama UNBK, jaringan listrik dan internet aman, sehingga tidak mengganggu pelaksanaan ujian nasional,” ujarnya.

    Kendati demikian, UNBK kali ini terpaksa memanfaatkan sedikit ruang di kantor guru. Pasalnya, sejauh ini SMPN 2 Kurun belum memiliki ruangan khusus ujian atau laboratorium komputer.

    “Sementara kita bijaki agar ruang kantor guru sebagian disekat dinding. Jadi UNBK hanya menggunakan satu ruangan yang terbagi menjadi dua sesi,” katanya.

    Dirinya berharap, ke depan Pemkab Gunung Mas melalui instansi terkait dapat mengabulkan permohonan mereka, yaitu pembangunan ruang khusus lab komputer yang juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat pelaksanaan UNBK ke depan.

    “Kami juga membutuhkan penambahan ruangan kelas, tapi yang paling prioritas adalah lab komputernya. Jadi tidak lagi harus menumpang ruang kantor. Saya optimistis terwujud, apalagi perhatian yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gunung Mas selama ini cukup tinggi,” pungkasnya. (adn/beritasampit.co.id)