Kantor dan Gudang Logistik KPU Katingan Dijaga Ketat TNI dan Polri

    KASONGAN – Pengamanan di kantor KPU dan gudang logistik KPU Kabupaten Katingan pasca pemungutan dan penghitungan suara Pemilu ditingkatkan. Pengamanan ini ditingkatkan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) oleh anggota Polres Katingan dan anggota TNI dari Koramil 1015 Kasongan mulai Selasa (23/04/2019).

    Hal tersebut, dibuktikan banyaknya sejumlah kendaraan polisi parkir di depan kantor KPU dan gudang logistik KPU Kabupaten Katingan, yang terdiri dari satu unit water canon, satu unit kendaraan taktis roda empat dan empat belas unit ranmor roda dua disiagakan beserta anggota pengamanan dari BKO Dit Sabhara Polda Kalteng, Satsabhara Polres Katingan dan anggota TNI Koramil 1015 Kasongan.

    Kapolres Katingan AKBP Elieser Dharma Bahagia Ginting, S.I.K menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan Pemilu 2019 ini, Polri dikedepankan sebagai pengamanan sesuai penggelaran Operasi Mantap Brata, dan akan terus melaksanakan pengamanan tahapan demi tahapan Pemilu sampai nanti di nyatakan Pemilu 2019 ini selesai, dengan demikian sebagai garda terdepan Polri punya tugas dan tanggung jawab dalam hal pengamanan dengan sasaran pengamanan baik orang, benda dan tempat yang berkaitan dengan Pemilu.

    “Saat ini kantor KPU dan gudang logistik KPU adalah salah satu objek vital (obvit), sehingga harus mendapatkan pengamanan, karena mulai hari ini administrasi hasil rekapitulasi penghitungan suara dan logistik surat suara sudah berdatangan dari PPK, untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terjadi sesuatu hal maka dua obvit tersebut kami amankan secara ketat dan berlapis,” ujar Kapolres Katingan, Selasa (23/4/2019).

    Lanjutnya, anggota Polri yang berjaga pun dilengkapi dengan senjata laras panjang, sesuai dengan SOP pengamanan obvit.

    “Sistem pengamanan yang akan diterapkan adalah sistem keamanan tiga lapis, karena situasi masih aman dan kondusif, maka saat ini hanya diterapkan sistem pengamanan lapis pertama, tetapi bila nanti diperkirakan eskalasi situasi meningkat otomatis sistem pengamanan pun akan kami tingkatkan,” terang Kapolres yang akrab di panggil Dharma Ginting.

    Dirinya menambahkan, bahwa Polri – TNI menjamin Pemilu 2019 aman, dan hal ini juga harus didukung oleh semua masyarakat khususnya di Kabupaten Katingan untuk menciptakan situasi kamtibmas pada Pemilu 2019 agar tetap aman, damai dan sejuk. (ar/beritasampit.co.id)

    Previous articleBhayangkari Rating Katingan Tengah Bantu Puskesmas Cek Kesehatan PPK
    Next articleBahas Ulang Jadwan Reses, DPRD Kota Gelar Rapat Paripurna