OFI Gelar Hari Bumi Di Desa Berambai Makmur

    PANGKALAN BUN-Dalama rangka memperingati Hari Bumi Tahun 2019, Orangutan Foundatioan International (OFI) menggelar acara khusus dengan mengangkat tema; Sumbangsih Untuk Negeri.

    Menurut Presiden OFI, Prof DR Birute Mary Galdikas yang diwakili Dorprawanti Sibuarian salah satu kegiatan dalam memperingati Hari Bumi tersebut adalah menanam 1000 bibit dari berbagai jenis pohon di Desa Berambai Makmur Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kobar.

    “Kegiatan penanam 1000 bibit pohon juga dalam rangka memperingati hari Bumi 2019 ke 49 tahun sekaligus merayakan hari ulang tahun Desa Berambai Makmur ke 36,” jelasnya, kepada beritasampit.co.id Selasa (23/4/2019).

    Lebih lanjut dijelaskannya, selain menanam 1000 bibit pohon, juga menabur ribuan bibit Ikan Nila dan Ikan Mas ke Danau Bendungan Berambai Makmur.

    “Tujuannya untuk menyatukan Visi yang sama yaitu meningkatkan kesadaran dan kerja sama untuk lebih peduli terhadap lingkungan , pohon , tanah dan air,” ucapnya.

    Pelaksanaan kegiatan selama tiga hari, yakni

    dari tanggal 19-22 April 2019 dengan Dinas Lingkungan Hidup, Parawisata, PUPR, Perikanan, Pertanian , KPHP, Dandim 1014, Danramil Kumai , Camat Pangkalan Banteng, Pj. Kades Berambai Makmur, SDN-1, Berambai Makmur, SMPN-5 Pangkalan Banteng, SMAN-2.Pangkalan Bun. SMAN-2.Kumai dan masyarakat Desa Berambai Makmur.

    Ditambahkan Dorprawati,dari 1000 bibit pohon yang ditanam diareal sekitar waduk Bendungan Berambai Makmur,jenis pohon Eucalyptus , Mangga, Durian, Nangka ,Sirsak, Lengkeng, Jeruk Nipis,Jeruk Purut, Kurma , juga Penaburan Bibit Ikan ke dalam Waduk Bendung Berambai Makmur.

    “Kegiatan serupa sebelumnya setiap tahun dilakukan OFI,dengan tujuan semua pihak khususnya kaum milenial ditingkat SD,SMP,SMA,serta para komunitas pencinta alam dan lingkungan,untuk bersama menjaga kelestarian lingkungan alam,tanah,pohon dan air.Dimana kita harus saling menghormati dengan sesama ciptaan Tuhan yang hidup dialamnya masing-masing”,imbuh Dorprawati.

    (man/beritasampit.co.id)