Lomba Bercerita, Asah Kemampuan Membaca dan Berbicara

    BUNTOK – Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Sansuri ST menyebutkan, Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Se-Barsel tahun 2019 ini dampaknya akan mengasah dua ketrampilan, yang wajib dimiliki jika ingin menyiapkan generasi penerus yang handal dimasa mendatang.
    “Yaitu, kemampuan membaca dan kemampuan berbicara didepan umum (public speaking),” kata Eddy Raya Samsuri, dalam sambutannya saat membuka secara resmi, Lomba Bercerita Tingkat SD dan MI se-Barsel tahun 2019 bertempat Halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Barsel Kamis (25/4/2019).

    Dikatakan orang nomor satu di Barsel ini, kemampuan membaca anak-anak kita pada saat ini mulai tergerus dengan kebiasaan menonton didepan gadget dari pada membaca, yang pada akhirnya sedikit banyak akan mempengaruhi pola fikir dan pola tindak mereka dalam menjalani kehidupan.

    Kita tidak bisa melawan arus perkembangan kemajuan jaman dengan semakin populernya budaya online ditengah masyarakat, namun perkembangan budaya tersebut hendaknya disikapi dengan bijaksana.

    “Sebagai penunjang hal-hal positif yang sudah ada saat ini, akan memperkuat karakter budaya kita sebagai orang timur sebab arus teknologi informasi merupakan dunia tanpa batas ruang dan waktu, bila tidak kita filter secara bijak, yang justru muncul adalah dampak negatif terutama bagi anak-anak kita,” katanya.

    “Oleh sebab itu, keberadaan perpustakaan menjadi sesuatu yang akan tetap terus eksis, untuk menjadi penyeimbang dalam menyediakan suatu informasi yang tersajikan melalui buku, walaupun sudah banyak tersedia buku-buku digital, namun kehadiran buku secara fisik sedikitpun tidak pernah tergerus oleh perkembangan teknologi tersebut dan akan selalu berkembang serta beradaptasi,” jelasnya.
    “Dengan adanya kegiatan ini anak-anak semenjak dini sudah diajarkan dan ditanamkan untuk mampu mengelaborasi ide-ide positif yang ada dalam rangka. Mempengaruhi, pihak lain secara positif, yang bertujuan, bergerak bersama serta melahirkan sesuatu hal yang positif ditengah masyarakat,” pungkas Eddy.
    Kegiatan Lomba Bercerita Tingkat SD dan MI se-Barsel tahun 2019 ini juga dihadiri, anggota Forkopimda Barsel, beberapa Kepala Perangkat Daerah Barsel, Kepala Instansi Vertikal wilayah kerja Barsel, Kepala Sekolah SD/MI, SLTP/MTs sederajat dan SLTA/MA sederajat se-Barsel. (ded/beritasampit.co.id)