Semangat Hardiknas dari Sekolah Desa Pinggiran

393
Istimewa - Berpakaian seragam pramuka siswa-siswi nampak hikmat mengikuti upacara pengibaran bendara merah putih.

KASONGAN – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tidak hanya diperingati dan dimeriahkan pada lingkungan pendidikan di pusat kota saja.

Semangat peringatan Hardiknas tahun 2019 ini juga nampak disemarakkan pada lembaga pendidikan sampai ke tingkat desa. Seperti halnya yang dilakukan lembaga pendidikan SMPN 4 Katingan Kuala yang berada di desa pinggiran perbatasan laut sebelah selatan Kabupaten Katingan.

Sekolah formal yang siswanya rata-rata anak transmigrasi dari luar kalimantan ini tetap semangat mengikuti kegiatan Hardiknas, Jumat (3/5/2019).

Dengan berpakaian seragam pramuka. Siswa-siswi nampak hikmat mendengarkan pidato langsung dari Kementerian Pendidikan Muhajir Efendi yang dibacakan oleh Kepala Sekolah SMPN 4 Katingan Kuala, Moh. Anis Romzi sebagai pembina upacara.

Baca Juga:   "Pakar Komputer" Kumpul di Gedung Wanita. Ada Apa ya?

Dengan mengangkat tema “Menguatkan pendidikan, Memajukan Kebudayaan”, Menteri Pendidikan Muhajir Efendi dalam pidatonya menjelaskan hadirnya revolusi industri 4.0 telah mempengaruhi cara hidup, bekerja dan belajar. Selain itu juga dapat mempengaruhi perilaku dan karakter peserta didik.

“Diera digital dan pesatnya teknologi, bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan: Keluarga, Sekolah dan Masyarakat,” terang Muhajir.

Diakhir pidatonya, Ia meminta kepada pemangku pendidikan agar tak lelah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya.

Baca Juga:   Gerakan Pramuka di Kotim Banyak Vakum, Ini Komentar Kwarcab

(Lna.Beritasampit.co.id)